Minggu, 23 Juni 2013

My J-Pop 44

Saatnya gw gulirkan playlist kompilasi J-Pop terbaru gw yang ke-44, dalam jeda yang terpanjang dari volume sebelumnya (7 bulan). Well, mungkin ini karena iklim J-Pop juga kena imbas perubahan *sok nyambung-nyambungin*, banyak hal yang dulu tidak biasa terjadi dalam J-Pop yang makin sering terjadi. Contoh paling jelas adalah artis-artis yang pindah label, atau dari label major ke indie, juga segi penjualan fisik yang kini hanya dikuasai kawanan AKB48 dan Johnny's Agency saja, hanya bisa disaingi oleh beberapa artis senior mapan, tapi itu pun udah nggak sampe 1 juta keping lagi. Belum lagi artis-artis pop Korea yang  marak "buka lahan" dengan materi-materi berbahasa Jepangnya. The music industry has changed, J-Pop is no exception. Tetapi bukan berarti runtuh, karena arena digital (semisal iTunes) kini jadi makin marak, menjadi wadah yang paling strategis buat artis-artis baru ataupun yang gak terkenal banget, dan untungnya warga Jepang adalah tipe yang tunduk pada hukum secara mendarah daging, sehingga mereka tidak keberatan untuk mengkonsumsi musik digital dengan membayar instead of cari gratisan melulu.



Anyway, pergeseran itu mungkin tercermin dalam playlist My J-Pop ke-44 ini, yang bener-bener baru dan gw suka musti gw cari di "pelosok", gak bisa lagi cari di tangga Oricon. Kebanyakan masih diisi oleh artis-artis "muka lama" yang emang gw udah suka, seperti Hata Motohiro, ASIAN KUNG-FU GENERATION, Yu Takahashi, Angela Aki, dan MONKEY MAJIK. Lainnya adalah comeback setelah pernah masuk beberapa kali sebelumnya seperti AI (untuk single-nya yang rilis akhir 2011, hehe), Gen Hoshino, Namie Amuro, Perfume (dengan single yang akhirnya sedikit menunjukkan vokal mereka tanpa efek digital), noanowa, dan juga single terakhir FUNKY MONKEY BABYS sebelum mereka bubar tahun ini karena DJ-nya mau jadi pendeta di kuil keluarganya *ini serius*. You see, dari mereka ini mungkin hanya 3-4 saja yang bisa ditemukan pernah mampir di bagian atas tangga Oricon yang mengandalkan penjualan fisik itu.

Beberapa nama yang baru pertama kali masuk kompilasi gw adalah 9mm Parabellum Bullet yang dari dulu gw pengen bisa masukkan karena namanya keren tapi dulu lagunya belum ada yang gw suka, band jazz instrumental SOIL & "PIMP" SESSIONS yang berkolaborasi dengan Ringo Sheena, vokalis EXILE ATSUSHI yang berkolaborasi dengan pianis tuna netra Nobuyuki Tsuji'i, dan band garage rock THE BAWDIES yang sok iye banget lagunya pake full bahasa Inggris =P. Dan it's a bit strange dalam volume ini gw memasukkan banyak lagu yang melibatkan orang non-Jepang. Selain MONKEY MAJIK tadi yang pemain utamanya bule Kanada, ada Hemenway yang dimotori orang Korea-Amerika, GIRLS' GENERATION yang tentu saja dari Korea, dan juga ada Scott & Rivers, project berbahasa Jepang dari dua vokalis band rock Amerika, Scott Murphy dari Allister, yang sudah beberapa kali menelurkan album cover berbahasa Jepang, dan Rivers Cuomo-nya Weezer (!) yang memang beristri WN Jepang. Jadi ini edisi paling bercitarasa internasional deh, hehe.

Yuk silakan disimak 19 lagu J-Pop yang gw suka dalam 7 bulan terakhir ini. Hei, kali ini juga gw berhasil mengumpulan previews (baik video musik maupun audio streaming) untuk semua lagunya. Selamat menyimak =).



My J-Pop vol. 44


1. 秦 基博 - グッバイ・アイザック (Hata Motohiro - Goodbye Isaac)
2. Hemenway - 祈り (Inori)
3. アンジェラ・アキ - 夢の終わり 愛の始まり (Angela Aki - Yume no owari, Ai no hajimari)
4. ASIAN KUNG-FU GENERATION - 今を生きて (Ima wo ikite)
5. 星野源 - 知らない (Gen Hoshino - Shiranai)
6. SOIL&"PIMP"SESSIONSと椎名林檎 - 殺し屋危機一髪 

(SOIL & "PIMP" SESSIONS and Ringo Sheena - Koroshi-ya kiki ippatsu)
7. 9mm Parabellum Bullet - Answer And Answer
8. 少女時代 - リンガ・フランカ (GIRLS' GENERATION - Lingua Franca)
9. EXILE ATSUSHI & 辻井伸行 - それでも、生きてゆく 
(EXILE ATSUSHI & Nobuyuki Tsuji'i - Soredemo, ikite yuku)
10. AI - ハピネス (Happiness)
11. 安室奈美恵 (Namie Amuro) - Big Boys Cry
12. 秦 基博 - 言ノ葉 (Hata Motohiro - Koto no ha)
13. 高橋 優 - 同じ空の下 (Yu Takahashi - Onaji sora no shita)
14. Perfume - Magic of Love
15. MONKEY MAJIK - If
16. のあのわ (noanowa) - I AM HERE
17. THE BAWDIES - SING YOUR SONG
18. FUNKY MONKEY BABYS - ありがとう (Arigatou)
19. Scott & Rivers - HOMELY GIRL



All previews below



Hata Motohiro - "Goodbye Isaac"




Hemenway - "Inori"




Angela Aki - "Yume no owari, Ai no hajimari"




ASIAN KUNG-FU GENERATION - "Ima wo ikite"




Gen Hoshino - "Shiranai"




SOIL&"PIMP"SESSION & Ringo Sheena - "Koroshi-ya kiki ippatsu"




9mm Parabellum Bullet - "Answer And Answer"




GIRLS' GENERATION - "Lingua Franca" (audio)




EXILE ATSUSHI & Nobuyuki Tsujii - "Soredemo, ikite yuku"




AI - "Happiness"




Namie Amuro - "Big Boys Cry"




Hata Motohiro - "Koto no ha" (audio)




Yu Takahashi - "Onaji sora no shita"




Perfume - "Magic of Love"




MONKEY MAJIK - "If"




noanowa - "I AM HERE" (audio)




THE BAWDIES - "SING YOUR SONG"




FUNKY MONKEY BABYS - "Arigatou"




Scott & Rivers - "HOMELY GIRL"


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar