Kamis, 20 Juni 2013

[Movie] Now You See Me (2013)


Now You See Me
(2013 - Summit Entertainment)

Directed by Louis Leterrier
Screenplay by Boaz Yakin, Ed Solomon, Edward Ricourt
Story by Boaz Yakin, Edwart Ricourt
Produced by Alex Kurtzman, Roberto Orci, Bobby Cohen
Cast: Jesse Eisenberg, Mark Ruffalo, Woody Harrelson, Isla Fisher, Mélanie Laurent, Morgan Freeman, Dave Franco, Michael Caine, Michael Kelly, Common, David Warshofsky


Gw bukan termasuk orang yang terlalu "nyari" pertunjukan sulap dan sejenisnya, untuk hiburan sekalipun. You know, karena udah tahu kalau para pesulap dan sejenisnya itu nggak punya ilmu gaib betulan *polos*, jadinya not easily impressed gitu deh. Yah lambat laun juga tahu dan respek bahwa sulap dan sejenisnya lebih kepada permainan trik yang butuh keahlian khusus, apalagi ini umumnya dipertunjukkan di hadapan live audience, tapi tetep aja... Anyway, Now You See Me, sebuah persembahan independen di musim liburan yang ramai, mengambil premis yang cukup menarik mengenai sekelompok pesulap dan sejenisnya *gw pake istilah ini biar mereka yang nggak mau disebut "pesulap" macam Deddy Corbuzier dan Demian nggak tersinggung*, yang merampok bank secara besar-besaran dengan ilmu yang mereka punya...secara terbuka di hadapan ratusan penonton, lalu membagi-bagikan hasilnya kepada penontonnya. Gw tadinya nggak tertarik sama film ini, apalagi melihat sutradaranya, Louis Leterrier yang film-film sebelumnya tidak pernah benar-benar mengesankan gw seperti The Incredible Hulk dan Clash of the Titans. Yang paling oke dari filmografinya mungkin film laga berlagak The Transporter yang cukup asyik, walaupun mungkin karena faktor co-director/fight coreographer Corey Yuen juga sih. Tapi mungkin saja Monsieur Letterier bisa kembali menyajikan keasyikan di film produksi Amerika terbarunya ini.

Adalah pesulap jalanan/underground Daniel Atlas (Jesse Eisenberg), mantan asistennya Henley (Isla Fisher), mentalis dan copet Jack Wilder (Dave Franco, adeknya James Franco), serta ahli hipnotis Merritt McKinney (Woody Harrelson) yang dikumpulkan secara misterius oleh orang tak dikenal dan tak berwujud untuk sebuah misi. Setahun kemudian, keempatnya membuat pertunjukan sulap di panggung besar di Las Vegas dengan nama unit The Four Horsemen, dan langsung membuat kehebohan karena berhasil merampok brangkas sebuah bank di Paris, Prancis, sedangkan di saat yang persis sama uang hasil rampokannya "disiramkan" ke penonton mereka di Las Vegas (ini di Amerika, kali aja ada yang nggak ngeh). Mereka lalu diringkus agen FBI, Dylan Zhodes (Mark Ruffalo) bareng orang Interpol dari Prancis, Alma Day (Mélanie Laurent) yang tak habis pikir bagaimana cara mereka melakukannya. Kekurangan bukti selain "karena sulap" membuat keempatnya dilepas lagi. Pun The Four Horsemen menarik perhatian seorang ahli sulap, Thaddeus Bradley (Morgan Freeman) yang selama ini terkenal karena membongkar rahasia dan trik-trik sulap paling sulit sekalipun. Percobaan penangkapan The Four Horsemen berlanjut tanpa mereka tahu bahwa keempat pesulap ini telah merencanakan aksi-aksi yang lebih dahsyat lagi.

Dengan set-up cerita yang komik banget, bagian paling menyenangkan dari Now You See Me adalah bagaimana aksi The Four Horsemen ini tak hanya menipu para pengejarnya, tetapi juga penontonnya. Bagi yang intrigued sama dunia sulap, pasti sejak awal sudah berusaha memecahkan rahasia dibalik aksi-aksi sulap spektakuler dari keempat pesulap/rampok ini, sebagaimana karakter Bradley. Namun cerita berjalan begitu cepat sehingga ketika kita sedang mencari jawaban, The Four Horsemen sudah berulah lagi dengan aksi-aksi yang tak terduga dan lebih mengundang penasaran. Seperti pada sebuah dialog, mereka selalu beberapa langkah lebih dulu daripada yang lain. Baru secara perlahan pengungkapan demi pengungkapan digulirkan yang "memaksa" penonton untuk bilang "hoooo, gitu toh...". Karena sudah tahu begitu, maka lebih baik menonton film ini secara rileks, nikmati saja, nanti juga semuanya terungkap. Hmm, atau kalau peka sama asas persulapan yang selalu diungkit di film ini, "distraction", dan ternyata apa yang kita curigai memang benar (gw bener dong *belagu*), itu juga nggak mengurangi kenikmatan karena penempatannya tak terduga, jatuhnya tetap terasa menyenangkan. Just like magic, film ini juga oke sekali dalam mendistraksi.

Konsekuensi dari alur dan pacing yang berkonsentrasi pada aksi-aksi "ajaib", membuat Now You See Me ini harus diakui kurang mantap dalam hal karakterisasi dan emosi. Aksi The Four Hoursemen memang simpatik, tetapi merekanya enggak. Justru yang "antagonis"-lah, si pihak penegak hukum yang lebih mengundang kasihan, entah sengaja atau tidak. Beruntung film ini berhasil mengumpulkan aktor-aktor mumpuni yang berkarakter, khususnya Ruffalo, Eisenberg, Harrelson, Freeman plus Michael Caine, sehingga sekalipun penokohannya nggak mendalam secara skrip, mereka tetap berkesan dan mudah diingat oleh penonton, walau mungkin bukan ingat nama tokohnya =p. Selebihnya, Now You See Me adalah sebuah film hiburan yang pas dan mudah diikuti walau berlaju cepat, walau juga motivasinya agak "seriously?" =D. Visualnya ditata cukup oke dan menyegarkan meski gw cukup menyayangkan banyak trik-trik sulap yang "curang" pake efek CGI...tapi mungkin karena bukan di sana intinya, ya nggak? *kedip-kedip*. Bukan film wow, bukan film terpintar, tetapi menghibur tanpa mencelakakan itu pasti. Nontonnya jangan terlalu dipkirin =).




My score: 7/10

4 komentar:

  1. 1. "Film ini berhasil mengumpulkan aktor-aktor mumpuni yang berkarakter, khususnya Ruffalo, Eisenberg, Harrelson, Freeman plus Michael Caine" : justru gw awalnya tertarik ntn krn Eisenberg. And he definitely didn't disappoint.

    2. "mereka tetap berkesan dan mudah diingat oleh penonton, walau mungkin bukan ingat nama tokohnya" : SETUJU. Gw bahkan gak inget nama tokohnya si Melanie Laurent. Ingetnya Shosanna :))

    3. "film hiburan yang pas dan mudah diikuti walau berlaju cepat, walau juga motivasinya agak "seriously?"" : SETUJU lagi. Gak nendang gitu lho. Padahal imo, pembangunan plotnya udh oke. Sayang aja endingnya "bgitu doang"

    4. "Tetapi menghibur tanpa mencelakakan itu pasti" : EXACTLY.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah namanya juga summer movie. yg penting nggak bikin pusing =D.
      Thanks buat responnya.

      Hapus
  2. makasih ulasan infonya salam kenal aja !

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, salam kenal juga ^_^

      Hapus