Sabtu, 25 Agustus 2012

[Movie] The Expendables 2 (2012)


The Expendables 2
(2012 - Lionsgate/Millennium Films)

Directed by Simon West
Story by Ken Kaufman, David Agosto, Richard Wenk
Screenplay by Richard Wenk, Sylvester Stallone
Based on the characters created by Dave Callaham
Produced by Danny Lerner, Les Weldon, Avi Lerner, Kevin King-Templeton
Cast: Sylvester Stallone, Jason Statham, Dolph Lundgren, Jean-Claude Van Damme, Bruce Willis, Yu Nan, Terry Crews, Randy Couture, Liam Hemsworth, Arnold Schwarzenegger, Chuck Norris, Jet Li, Scott Adkins


And they're back. Setelah The Expendables pertama tahun 2010 yang disambut hangat, parade bintang-bintang aksi superlaki yang punya penggemar di seluruh dunia ini kembali dengan film keduanya yang lebih ramai lagi. Masih dikomandoi oleh Sylvester Stallone, The Expendables 2 sudah terasa garang dengan ditambahkannya bintang laga legendaris Jean-Claude Van Damme dan Chuck Norris plus porsi yang lebih besar untuk Arnold Schwarzenegger yang emang sekarang sudah bukan gubernur California lagi (meski sayangnya sekarang tanpa Mickey Rourke lagi), jadi udah gak usah heran lagi jika bioskop-bioskop yang memutar film ini pasti penuh. Hal yang berbeda dari film pertama juga terletak di tugas sutradara yang sekarang dilaksanakan oleh Simon West (Lara Croft Tomb Raider), jadi opa Sly Stallone bisa lebih konsentrasi ke akting, naskah, dan botox saja (yang satu ini kayaknya doski bagi-bagi sama Van Damme).

Seperti review The Expendables pertama, gw tidak merasa perlu dan pentingnya membahas isi cerita The Expendables 2 di ulasan ini, sebab sudah jelas daya tarik film ini adalah melihat bintang-bintang laga ternama beraksi, tidak lebih. Yang perlu kita tahu adalah cukup relasi antar karakternya, niscaya kita sudah bisa membaca film ini arahnya kemana. Stallone, Jason Statham, Dolph Lundgren, Jet Li, Terry Crews, Randy Couture dan Liam Hemsworth (yang adalah adiknya Chris Hemsworth dan tunangannya Miley Cyrus, no kidding) adalah satu regu tentara bayaran lepasan berketerampilan tinggi yang melapor pada Bruce Willis, sementara Jean-Claude Van Damme dan si bintang film laga B-movie/straight-to-DVD termutakhir Scott Adkins (si Weapon XI/Deadpool tak bermulut di X-Men Origins:Wolverine, the only cool stuff within the film) beserta para balatentara mereka adalah yang harus dibasmi. Lalu ada bintang tamu Schwarzenegger dan Chuck Norris turut meramaikan.

Di antara semua itu, adalah adegan-adegan kelahi, tembak-tembakan, dan ledak-ledakan klasik yang kini "diperindah" dengan efek darah dan gore yang lebih kentara, namun asiknya lagi semuanya itu diimbangi dengan adegan-adegan "istirahat" dan humor-humor yang tepat sasaran. Serius, kocak banget. These guys know how to have fun. Meski bukan komedi, The Expendables 2 adalah bentuk menertawakan diri dengan elegan. Tidak berusaha jadi keren atau "bermakna", yang penting seru dan fun. Gw yakin semua orang yang terlibat film ini sama senangnya dengan semua orang yang menontonnya. Sudah sangat terlihat dari adegan prolog yang komikal gak neko-neko, tembak sana ledak sini tabrak abis, atau bahkan dari semua adegan peperangan chaos yang ada, jagoan-jagoan kita termasuk sebagian yang sudah paruh baya terlihat sangat sakti hingga hampir gak pernah kesenggol peluru. Ridiculous, tetapi penonton pasti menyenanginya, yang baik pasti menang, bukan? Dan bahkan gw belum membahas Chuck Norris =DD.

Jadi kunci menyaksikan The Expendables 2 adalah relax and enjoy, jangan terlalu dipikirkan. Jika menyaksikannya dengan setelan mood yang benar, dijamin you'll have a good time. Dengan tampilnya hampir 10 figur tersohor di bidang laga rupanya diperlakukan dengan baik tanpa harus memperpanjang durasi, yah walaupun masih ada sedikit rasa kurang (pengennya sih Statham vs Atkins-nya lebih lama dan heboh, dan Lundgren atau Norris unjuk kemampuan hand-on-hand combat juga), tapi udah cukup kok. Kita masih bisa menyaksikan "pose-pose" bahkan dialog-dialog ikonik mereka yang ditampilkan dengan menggelikan namun juga menawan, entah itu spin-kick-nya Van Damme, gerakan wuxia Jet Li, kegesitan Statham, "I'll be back"-nya Schwarzenegger, hingga ke-dewata-an Chuck Norris. Dengan hiasan plot yang tidak bodoh-bodoh amat, malah justru dengan bijak sedikit memperdalam karakterisasi Lundgren, Crews dan Couture yang agak terbengkalai di film pertama, bahkan sukses mengurangi kadar melankoli maksa dari film pertamanya, The Expendables 2 sudah barang tentu menjadi film yang memenuhi ekspektasi serta maksud dan tujuannya, yaitu apalagi kalau bukan mengumpulkan bintang-bintang laga tua dan muda dan bersenang-senang menembaki para figuran bersenjata tak bernama, sekaligus menghibur penontonnya. Well done!



My score: 6,5/10

2 komentar:

  1. si Scott Adkins mank spesialis martial artist / stunt combat kan bro...

    jadi nggak termasuk B-List actor juga sich, karna mank posisinya doi bukan disitu...

    BalasHapus
  2. @Fanboy: well, setau saya Adkins bukan cuman stuntman saja, malah doski sudah beberapa kali jadi bintang utama di film-film martial art yg bisa dibilang "B-Movie" atau setidaknya straight-to-DVD (Ninja, Undisputed II dan III, El Gringo) yang menumbuhkan penggemar yang tidak sedikit di seluruh dunia. He is, in a way, a star =)

    BalasHapus