Senin, 20 Februari 2012

Tebak-Tebakan Pemenang 84th Academy Awards

Sudah hampir waktunya ajang penghargaan film paling terkenal dan salah satu paling bergengsi di dunia, Academy Awards akan dilangsungkan. Seperti biasa, pembagian piala berjulukan Oscar ini begitu menyulut antusiasme semua orang napalagi para pecinta film. Menyambut itu, karena merasa gatal dan nggak nyaman kalau tidak melakukan ini, dan sebagaimana gw melakukannya pada tahun-tahun sebelumnya, berikut gw akan menyampaikan tebakan siapa saja yang akan menang di Oscar tahun ini. Tujuannya apa? Yang nggak apa-apa, iseng aja, seneng aja, biar lucu aja. Masalah buat eloh? =P

Anyway, gw bilang ini tebakan, bukan prediksi. Mengapa? Sebab kata "prediksi" itu lebih layak dipakai kalau memang ada perhitungan khusus dan argumen valid yang mendukungnya. Sedangkan gw hanya menebak, "perhitungan"-nya juga yang gampang-gampang aja, atau malah nggak pake perhitungan sama sekali alias asal tebak saja =P. Perhitungan gampang itu maksudnya kalau nomine bersangkutan sudah menang berbagai peghargaan sebelum Oscar seperti awards dari Screen Actors Guild, Directors Guild, Producers Guild, Writers Guild dan sebagainya yang hasilnya relatif nggak jauh-jauh amat dari hasil Oscar—Golden Globe Awards udah lama nggak bisa lagi diandalkan untuk menebak pemenang Oscar. So basically, nggak perlu nonton semua film ternominasi untuk bisa tebak pemenang Oscar. Akan lebih baik sih kalau memang sudah menonton semua film ternominasi jadi bisa punya gambaran lebih jelas, tetapi sudah nonton pun belum tentu yang gw bilang paling bagus/suka pasti menang, sebaliknya yang gw pikir paling jelek/nggak suka pasti kalah, jadi yaah kembali lagi harus mempertimbangkan berbagai rujukan di atas.


Sekali lagi, meskipun sudah dengan beberapa rujukan dan strategi, tebakan tetaplah tebakan, jadi akan sangat mungkin banyak yang meleset. Toh dalam sejarahnya gw menebak pemenang Oscar, rekor terbaik gw hanya 2/3 dari semua kategori. Kurang jago, hehehe. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, mari melihat tebakan gw untuk tahun ini, sekaligus pilihan "pleasant surprise", yaitu yang bukan unggulan tetapi jikalau ternyata menang gw akan menyambutnya dengan senang hati. Ohiyah, silahkan mampir ke sini untuk melihat daftar lengkap nominasinya.



MY OSCAR GUESSES:


best picture
So far baru 4 dari 9 film nomine Best Picture tahun ini yang udah gw tonton. Kalo dari rumus "pemenang Best Picture pasti juga dapat nominasi Directing-Writing-Editing", maka calon pemenang tahun ini hampir pasti di antara The Artist, The Descendants, atau Hugo, nah kalo dilengkapi lagi dengan kategori Cinematography, maka "final" Best Picture hanya untuk The Artist vs Hugo, sayangnya gw belum nonton Hugo. Gw suka The Artist, dan penghargaan-penghargaan pra-Oscar pun sepertinya mengarah ke film antik ini, termasuk Producers Guild dan Directors Guild, jadi tebakan gw film bisu hitam-putih inilah yang akan meraih Best Picture...lagipula film ini didukung oleh Harvey Weinstein =P.

pleasant surprise: "The Tree of Life", huehehe, very unlikely to happen though.


actor in a leading role
Jean Dujardin in “The Artist”
Ah, he's awesome! Dengan ekspresi dan gesturnya yang total sekaligus lovable meski (hampir) tiada terdengar suaranya, Monsieur Dujardin memang pantas bila diberi penghargaan ini, melengkapi pelbagai penghargaan yang ia telah raih untuk film ini seperti Screen Actors Guild, British Academy Film Award (BAFTA) dan juga Best Actor Award di Festival Film Cannes tahun lalu, canggih ye. Dan sepertinya belakangan ini aktor/komedian asal Prancis ini punya citra yang menyenangkan di media massa Hollywood, people would love to see him winning.

Jean Dujardin
pleasant surprise: Gary Oldman in "Tinker Tailor Soldier Spy", belum nonton sih gw, cuma karena dia memang keren aja setiap main film =)


actor in a supporting role
Christopher Plummer in “Beginners”
Anggapan "kasian udah panjang banget karirnya tapi nggak pernah dapet Oscar" bisa jadi pertimbangan kemenangan opa Chris (inget Alan Arkin di tahun 2007 untuk Little Miss Sunshine), dan lagi-lagi beliau sudah menyapu hampir semua penghargaan pra-Oscar untuk perannya sebagai seorang pria senja yang baru membuka diri untuk hidup sebagai seorang homoseksual ini. Aktor yang disegani dalam peran yang menantang.

Christopher Plummer

pleasant surprise: Max von Sydow in "Extremely Loud & Incredibly Close", faktornya hampir sama dengan opa Chris (mereka seumuran pula), gw juga cukup kagum dengan akting opa Max yang asal Swedia tapi bisa juga bahasa Inggris dan Prancis ini dalam beberapa film sebelumnya (gw blum nonton Extremely Loud blablabla), jadi seneng aja kalaupun beliau yang menang.


actress in a leading role
Viola Davis in “The Help
Pertarungan Best Actress cukup ketat tahun ini. Meryl Streep mungkin jadi jagoan banyak orang karena akting tanpa celanya sebagai Margareth Thatcher dalam The Iron Lady, tapi faktor bahwa filmnya-sendiri-tuh-nggak-bagus-deh-ah mengurungkan niat gw menebak bahwa tahun ini tante Meryl akan mendapat Oscar ketiganya. Meryl itu aktris hebat dan alangkah jauh lebih baik kalau beliau menang Oscar ketiganya kelak melalui film yang lebih bagus daripada The Iron Lady *ngatur*. Jadi tebakan (dan dukungan) gw jatuh pada penampilan paripurna Viola Davis dalam The Help, dan kemenangannya di Screen Actors Guild Awards bisa jadi pertanda

Viola Davis

pleasant surprise: Michelle Williams in "My Week With Marilyn", karena headline news-nya bakal seru: from Dawson's Creek to Hollywood with an Oscar =).


actress in a supporting role
Octavia Spencer in “The Help”
Ini tebakan paling gampang karena semua penghargaan pra-Oscar, dari penghargaan para kelompok kritikus film dan Golden Globe hingga yang paling "ngaruh" seperti Screen Actors Guild Awards dan British Academy Film Awards diraih oleh Octavia Spencer, terlepas dari perannya yang tidak terlalu menantang sebenarnya. Well, from just a recurring role on "Ugly Betty" to Oscar will be a fine upgrade =).

Octavia Spencer


animated feature film
Rango
Gw sih nggak terlalu suka filmnya, tapi secara teknik animasi dan sebagainya, Rango terbilang unggul.

pleasant surprise: "Kung Fu Panda 2", gw bener-bener pendukung Kung Fu Panda 2, setelah film pertamanya dulu "terhadang" WALL-E di ajang Oscar 2009, menang untuk sekuelnya di tahun ini bisa jadi pelipur lara yang manis.


art direction
“Hugo"
Gw percaya deh sama tata artistik film-filmnya Martin Scorcese.

pleasant surprise: "The Artist"


cinematography
“The Tree of Life”
Harus, harus dan HARUS menang. Go Emmanuel Lubezki go!!!

pleasant surprise: "War Horse"


costume design
“Anonymous”
Kalo liat-liat trailernya, film ini yang paling rumit desainnya, biasanya yang kayak begitu yang menang.

pleasant surprise: "Jane Eyre"


directing
“The Artist", Michel Hazanavicius
Karena pemenang di Directors Guild of America pasti menang Oscar, selalu begitu.

(extremely) pleasant surprise: "The Tree of Life", Terrence Malick


documentary feature
“Pina”
Asal tebak.


documentary short subject
"The Tsunami and the Cherry Blossom"
Asal tebak dan agak sesuai momentum memperingati hampir setahun bencana gempa besar di Jepang kemarin.


film editing
“Moneyball”
Asal tebak aja ini mah.


foreign language film
"A Separation", Iran
Film non-English yang paling high profile tahun ini.


makeup
Make-up dalam film ini sama sempurnanya dengan performa Meryl Streep. It should win.

pleasant surprise: "Harry Potter and the Deadly Hallows Part 2", well, jika akhirnya Harry Potter memperoleh Oscar, biarlah kiranya dari kategori ini, gw rela kok =D.


music (score)
“The Artist”
Dalam film bisu, musik adalah kunci dalam menjelaskan nuansa tiap adegan filmnya, karena hanya musik yang bisa didengar penonton saat menonton filmnya. Musik dalam The Artist melakukan tepat demikian selain ditata dengan cantik dan elegan.


music (song)
"Real in Rio" from "Rio"
Rekor gw yang selalu salah tebak best song belum terpecahkan sejauh ini. This time I kinda like both nominees. Untuk sebuah lagu mandiri, gw lebih memilih lagu dari Rio ini, samba-nya rancak nan asik, dan pantas jika memang menang. Tetapi untuk lagu yang lebih sesuai konteks filmnya, ya lagu The Muppets-lah yang memenuhi kriteria demikian, meskipun lagunya agak terlalu ngelawak dan kurang indah (serta bukan lagu dari film The Muppets yang paling gw suka). Either way, one thing for sure, we can expect fantastic performances of both songs in the awarding night =).



pleasant surprise: "Man or Muppet" from "The Muppets"


short film (animated)
"A Morning Stroll"
Asal tebak, dan karena menang di banyak festival termasuk Sundance.


short film (live action)
"Tuba Atlantic"
Asal tebak.


sound editing
“War Horse”
Asal tebak.


sound mixing
“Hugo”
Asal tebak.


visual effects
Problem?


writing (adapted screenplay)
“The Descendants”
Asal tebak saja, selain karena reputasi Alexander Payne yang memang dicintai Academy.


writing (original screenplay)
Karena film ini begitu disayangi banyak orang. Bila akhirnya diberi satu penghargaan, terutama untuk kategori ini, maka akan sangat dimaklumi.

pleasant surprise: "The Artist", karena ceritanya oenjoe banget...



Mari kita buktikan pada acara penganuherahannya Senin, 27 Februari 2012 pagi WIB, dan setelahnya gw akan posting perihal daftar pemenang 84th Academy Awards sekaligus hasil tebakan gw apakah benar atau salah =). See you.

1 komentar: