Sabtu, 10 Desember 2011

[Album] SuperHeavy - SuperHeavy


SuperHeavy - SuperHeavy
(2011 - A&M Records/Universal Music Group)

Tracklist:
1. SuperHeavy
2. Unbelievable
3. Miracle Worker
4. Energy
5. Satyameva Jayathe
6. One Day One Night
7. Never Gonna Change
8. Beautiful People
9. Rock Me Gently
10. I Can't Take It No More
11. I Don't Mind
12. World Keeps Turning


SuperHeavy memang sebuah proyek, istilahnya "supergroup", yang terlihat menjanjikan mengingat reputasi masing-masing musisi (yang sangat, saja, dan cukup) terkenal, serta dari komposisi aliran musiknya yang berbeda satu musisi dengan yang lain. Mick Jagger yang notabene vokalis The Rolling Stones adalah salah satu ikon musik rock dunia, Dave Stewart (ex-Eurythmics, kurang kenal juga sih gw =P) selama ini mengusung pop-rock khas Inggris, Joss Stone merupakan penyanyi R&B-soul muda yang cukup berkarakter, pemenang Oscar A.R. Rahman angkat nama akibat kepiawaiannya menata musik film-film Bollywood (plus Slumdog Millionaire), dan Damian Marley begitu kental unsur reggae-nya melanjutkan warisan dari sang ayah, Bob Marley. Di atas kertas grup ini tentu menarik, perpaduan jenis musik berbeda itu bagaimana jadinya di tangan-tangan mereka ini. Alhasil, semua itu harus dibuktikan di album self-titled ini.

Dibuka dengan track “SuperHeavy” yang cukup menghentak dan seakan jadi theme song supergrup ini, bisa dibilang gw menikmati paruh awal album ini hingga track ke-5: “Unbeliavable” yang sedikit lebih up beat dan lumayan bikin jingkrak-jingkrak, disambung nuansa lebih santai menyegarkan di track medium beat “Miracle Worker” yang didapuk jadi single pertama SuperHeavy, “Energy” yang ngerock dan err...berenergi ^_^, lalu “Satyameva Jayathe”—terambil dari semboyan nasional India “Truth Alone Triumphs”—yang gw pilih sebagai track paling keren dari album ini karena begitu anthemic sekaligus asyik dengan unsur India modern kental. Masuk ke track “One Day One Night” dan “Never Gonna Change”, gw mulai merasakan pergeseran mood. Nggak jelek sih, cuman track bernuansa rock'n'roll dan rock ballad ini kurang begitu enak dinikmati karena...maap-maap nih...suara Mick Jagger tuh annoying banget ye *dirajam batu sama fans the Stones*. Keadaan berbalik ketika “Beautiful People” yang didominasi vokal manis Joss Stone dan...err..Jagger lagi dalam nuansa santai kayak di pantai with a few twists. “Rock Me Gently” menjadi satu lagi highlight album ini, ballad yang cukup catchy sekaligus groovy meski bermelodi minor. Superheavy nge-rock’n’roll lagi di lagu buatan Jagger “I Can’t Take It No More” dengan lirik yang cukup menyentil (“all you scurvy politicians when you’re in opposition, you promise me this, you swear you’ll do that. you all sound like magicians” ^_^). Album ini ditutup oleh “I Don’t Mind” yang kembali berirama reggae kalem, lalu SuperHeavy mencoba membuat tutupan megah dengan menebar energi positif lewat ballad “World Keeps Turning”.

Sekadar info komposisi bandnya: Jagger banyak mengisi vokal dan kadang-kadang gitar, Marley dan Stone di vokal, Rahman di vokal juga berbagai alat musik programming dan keyboard, sedangkan Stewart “hanya” terdengar sebagai pemetik gitar utama. Untuk instrumen lainnya dipegang sama musisi-musisi tamu seperti Ann Marie Calhoun (biola), Shiah Core (bass) dan Courtney Diedrick (drum) *nulis aja biar kesannya gw tau banyak musisi =P*. Yang “dijanjikan” oleh SuperHeavy dalam albumnya ini cukup terpenuhi. Gw mendengar percampuran berbagai aliran musik, yang paling kentara adalah pop-rock dan reggae, lalu akan muncul sautan soulful serta akesori bunyi-bunyian modern-eksotik khas India, dari yang kenceng sampe yang slow ballad. Tidaklah benar-benar baru tetapi masih terdengar unik dan segar. Segi lirik terbilang oke karena sebagian besar berisi inspirasi dan motivasi baik individu maupun sosial, lagu-lagu yang tidak menciderakan, nice. Masing-masing musisi yang tergabung tidak meninggalkan ciri mereka, namun tetap sanggup membuat karya campur sari yang cukup pas dan enak didengarkan khalayak. Gw membayangkan bahwa akan seru sekali bila menyaksikan formasi lengkap SuperHeavy dalam satu panggung membawakan lagu-lagu yang ada di album ini.

Namun, kalau mau jujur gw tidak sepenuhnya menikmati banget album SuperHeavy ini. Masih muncul kesan “nge-jam ajah yuk rame-rame”, pokoknya ada musik, trus siapa kek isi vokal pake lirik dan saut-sautan biar rame (contoh “One Day One Night”, bahkan “SuperHeavy”), ada kesan lagu-lagunya tidak sesolid yang diharapkan, apalagi kalo lagi nyanyi berbarengan opa Jagger suka nggak pas *tetep*. Tidak mengecewakan sih, tetapi dibilang sangat menggembirakan yang nggak terlalu. But at least, bisa dibilang album ini cukup enak didengarkan, nggak menjemukan dan nggak malu-maluin lah untuk sebuah album yang dibuat oleh artis-artis yang masing-masing udah mapan berkarya dan bersedia menekan ego demi karya bersama ini. Gw bahkan menemukan bahwa keterlibatan A.R. Rahman di sini sangat krusial karena berhasil menyulap lagu-lagu yang terkesan “nge-jam ajah rame-rame” itu menjadi eklektik lewat bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh instrumennya. Jadi bisa dibilang nge-jam-nya nggak gagal sama sekali. Overall, sangat lumayan, not great but good enough. Sebuah album yang cukup berhasil dalam merangkum berbagai aliran musik sekaligus. Belum sampe “super heavy”, tapi “quite heavy” saja.



My score: 7/10


SuperHeavy



Previews from YouTube

Miracle Worker



Satyameva Jayathe



Rock Me Gently

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar