Rabu, 03 Agustus 2011

[Movie] Attack The Block (2011)


Attack The Block
(2011 – Studio Canal/UK Film Council/Film4)

Written and Directed by Joe Cornish
Produced by James Wilson, Nira Park
Cast: John Boyega, Jodie Whittaker, Nick Frost, Luke Treadaway, Alex Esmail, Franz Drameh, Leeon Jones, Simon Howard, Jumayn Hunter, Danielle Vitalis


Gw agak telat nonton Attack The Block ini, yaitu ketika usia tayangnya di bioskop Jabodetabek (di jaringan yang lebih-mahal-tapi-lebih-friendly itu) udah 2 minggu dan bentar lagi digusur Harry Potter 7B. Ketertarikan gw bermula pada review di blog2 tetangga, tapi sedikit banyak juga pada pendomplengan "from the producers of Shaun Of The Dead" di posternya, yang adalah sebuah film horor zombie tapi komedi yang pernah gw saksikan beberapa tahun lalu. Membayangkan film itu yang sukses bikin gw ketawa kering dengan humor2 khas Bri'ish-nya, gw pun berharap Attack The Block dapat menghibur gw sedemikian.

Malam2 *aku seeendiriii...#abaikan*, di sebuah pemukiman yang agak rawan (rawan tapi rapi dan bersihnya naujubilah) di sudut London Selatan, seorang wanita bernama Sam (Jodie Whittaker) ditodong oleh 5 orang bertutup muka, namun tiba2 proses penodongan itu terganggu karena ada benda jatuh dari langit mengenai mobil yang ada di sebelah mereka. Sam mengambil kesempatan untuk lari, sedangkan ke-5 berandal yang ternyata anak2 cowok masih belasan tahun itu sibuk mencari apa yg baru saja jatuh. Mereka menemukan sesosok makhluk aneh di dalam mobil itu, bahkan melukai sang dedengkot, Moses (John Boyega). Dengan peralatan todongan mereka, Moses dan gengnya bertekad memberi pelajaran pada si makhluk yang mirip hibrida monyet dan anjing dengan gigi banyak banget itu. Setelah berhasil mematikan si makhluk, mereka membawanya kepada bandar ganja, Ron (Nick Frost) untuk memastikan makhluk apa itu—karena Ron suka nonton National Geographic Channel ^_^;. Namun tak lama sesudah mereka setuju bahwa itu alien—thanks to Brewes (Luke Treadaway), pelanggan Ron yang kebetulan lagi di sana yg ternyata pernah kuliah zoologi, muncul lebih banyak lagi benda2 jatuh ke lingkungan mereka, bisa ditebak itu berarti lebih banyak lagi sosok2 serupa makhluk alien yang Moses dkk harus lawan. The block is being attacked! Attack The Block kemudian bergerak jadi film survival sekelompok orang dengan belasan alien bersosok aneh berbulu gelap dan bergigi glow-in-the-dark sebagai ancamannya. Dengan peralatan seadanya (pentungan, pisau, pedang pajangan, sepeda, skuter), 5 berandal kita ini pun bertekad melawan alien2 yang belakangan mereka sadari seperti hanya mengincar mereka berlima saja.

Film perdana karya komedian Inggris, Joe Cornish ini bisa dibilang maksimal dalam kesederhanaannya. Keserhanaan itu terlihat dari plot yang agak standar, efek2 visual yang tidak mewah, serta adegan2 aksi yang tidak menggelegar, dan tak lupa desain alien yang tampak tidak terlalu merepotkan konsepnya ^_^;. Meski demikian, Cornish menggunakan beberapa unsur dari sisi lain London yang jarang disorot—apalagi dalam pandangan audiens internasional —yang konon juga pernah dialami sendiri oleh Cornish, sehingga menjadikan film ini terasa fresh juga. Ini tampak pada bagian awal ketika kita diperkenalkan pada lingkungan dimana Moses dkk berada (dan juga tempat Sam tinggal). Sebuah lingkungan yang tampak intimidatif dengan penduduknya yang berpenampilan silau dan sering berkata kasar dengan logat yang khas—termasuk anak2, serta rawan kriminalitas. Dimana remaja dan anak2 mempunyai standar "keren" dengan saling memberi julukan aneh dan menjadi bagian dari sindikat narkoba atau sejenisnya, dan ini di"dukung" oleh sikap kepolisian yang memandang siapapun yang dari lingkungan ini pasti kriminal, boro2 mau bantu lawan alien, salah sedikit saja langsung main tangkap. Ini pun digunakan Cornish dalam cerita, bahwa Moses dkk ini gak bisa meminta tolong pihak berwajib, sehingga harus melawan serbuan alien ini dengan kekuatan mereka sendiri. Ada secuil kritik sosial di sini.

Namun, bagian2 yang agak serius itu diramu dengan keseruan yang naif dan humor2 yang oke, membuat Attack The Block ini cukup enjoyable. Memang unsur berdarah-darah dan seram2an masih kental, tetapi bagian lucunya pun dibuat lumayan efektif, baik lewat situasi maupun (terutama) dialog. Kadar kelucuannya mungkin nggak sampe kayak Shaun of The Dead *mungkin juga karena gw masih agak asing sama humor Inggris dan bahasa2 slang yg mereka gunakan, we call it 'culture gap'* tetapi cukup banyak momen2 yang mengocok perut—kebanyakan sih yg melibatkan tokoh Ron. Salah satu yg bikin gw ngakak adalah ketika salah satu anak buah Moses, Pest (Alex Esmail) mempermasalahkan kenapa pacar Sam yang seorang dokter membantu anak2 di Ghana ketimbang di Inggris, saksikan sendiri deh XD. Attack The Block seperti film survival melawan alien/zombie biasa, sering juga dijuluki kategori B-movie (and, yes, there will be casualties), tetapi dengan tambahan humor dan tokoh utamanya anak2 berandalan, it worked really well. Tak hanya itu, perkembangan cerita dan karakternya pun dieksekusi dengan mulus dan baik. Hal ini juga didukung oleh pemainnya yang sebagian besar tidak terkenal bahkan baru pertama kali main film (sebagian besar anak2 remajanya, termasuk John Boyega/Moses), semuanya bermain pas dan cukup kompak. Moses dkk aksinya memang nakal kalau gak mau disebut kriminal, tetapi kemudian harus berjuang keras, menggeber keberanian melindungi diri dan teman2 melawan para alien, lambat laun malah menarik simpati penonton, juga simpati dari karakter Sam yang agak stuck sama anak2 ini demi mendapat perlindungan dari makhluk2 alien yang liar dan sadis itu.

Overall, Attack The Block adalah sebuah film sederhana yang cukup seru dan agak konyol serta seram juga, namun tetap menghibur—pun rapih secara audio visual. Boleh lah ditonton di kala waktu senggang atau mau cari variasi film alien yang berbeda dari hingar-bingar Hollywood. Amanahnya adalah: jadi anak berandal itu berguna untuk membasmi alien.Yo.



My score: 6,5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar