My Top 25 International Songs of the 2000's

Udah masuk tahun 2011, tapi gw masih ingin mendaftar hal2 yang paling berkesan dari dekade 2000-2009, atau dalam bahasa gw “duaribuan” (kalo dekade sekarang gw namain “duaribubelasan” *biarin*). Sebagai kelanjutan dari daftar serupa tentang lagu2 J-Pop dan lagu2 Indonesia, kini saatnya gw perkenalkan kembali 25 lagu internasional keluaran dekade 2000-an yang paling berkesan buat gw. Judul “internasional” di sini sesungguhnya merujuk pada yang di luar Indonesia dan Jepang (karena udah ada kategorinya sendiri), jadi bisa dari dan dalam bahasa mana saja, meskipun memang karena “iklim” radio/televisi kita pada umumnya, lebih banyak lagu yang dari Amerika Serikat atau Inggris saja yg gw tau selama ini.

Sebagaimana senarai2 terdahulu, gw membuat pemeringkatan 25 lagu di bawah nanti dalam urutan terbaik dari yang favorit...emmm, yak, begitu *gakjelas*. Gw memastikan lagu2 ini adalah lagu yang setiap kali dengar akan gw nikmati dan hayati sekali, serta membawa gw kembali ke dekadenya *halah* (maklum, dekade 2000-an adalah masa pertumbuhan saiah, hehehe), ataupun yg kemungkinan lagunya gw pasti inget meski hanya mendengar judul lagunya saja, yang paling “berkarakter” deh. Secara general, ternyata gw emang punya kuping agak Melayu yang suka lagu2 slow dan easy listening. Jangan heran pula kalau ternyata banyak lagu2 mainstream a.k.a. pasaran mengisi daftar ini, karena gw hanya konsumen biasa yang memang budak mainstream, hehe. Eh, tapi mainstream2 juga gw pilih2 dong, apalagi ini konteksnya dalam jangka waktu 10 tahun, gw pada akhirnya nggak malu untuk menggulirkan daftar ini.

So, mari kita berangkat menuju My Top 25 International Songs of The 2000’s, plus ada previewnya buat reminder =).





25. "Can’t Get You Out Of My Head" – Kylie Minogue (2001)
The title describes the effect of the song =P.



24. "It's My Life" – Bon Jovi (2000)
All together now =D.



23. "Love Mode (Feat. Tablo)" – Clazziquai (2006)
Satu2nya di senarai yg nggak full bahasa Inggris. Dear teenagers, Korea nggak cuma punya boyband/girlband/lagu cengeng saja =).



22. "Umbrella (feat. Jay-Z)" – Rihanna (2007)



21. "Bad Romance" – Lady Gaga (2009)



20. "Superman (It’s Not Easy)" – Five For Fighting (2000)



19. "Dangerously In Love" – Destiny’s Child/Beyoncé (2003)
Aslinya di album Survivor-nya Destiny’s Child, trus ada juga di album debut solo Beyoncé, which was kinda the same right? =D.



18. "Rock Your Body" – Justin Timberlake (2002)



17. "You Give Me Something" – James Morrison (2006)



16. "Complicated" – Avril Lavigne (2002)
Jaman SMA =).



15. "Be Without You" – Mary J. Blige (2004)



14. "Do You Want To" – Franz Ferdinand (2005)



13. "Falling Slowly" – Glen Hansard & Marketa Irglova (2007)



12. "The Reason" – Hoobastank (2003)
Saking nge-hitnya sampe semua lagunya Ungu mirip lagu ini =P.



11. "The Blower’s Daughter" – Damien Rice (2002)
Pertama denger di pesawat dlm perjalanan, selang 2 hari kemudian gw nonton Closer dan ada lagi lagu ini. Coincidence? =).






And here are the top 10:


10. "Forgotten" – Linkin Park (2000)
Gw baru suka Linkin Park setelah masuk SMA mulai akhir 2001-an. Diawali dengan hit sejuta umat “In The End”, gw pun lambat laun jadi fan yang lumayan berat (masih lebih berat berat badan saya =P). Gw beli CD-nya, rekam di kaset dan gw denger setiap hari lewat walkman pas berangkat dan pulang sekolah di dalem angkot sepanjang jalan Inspeksi Kalimalang—selanjutnya agak upgrade, 2 album gw burn di 1 CD trus dengerinnya pake discman, hehe. Ah, masa muda...Lambat laun juga (gw baru beli Hybrid Theory setelah Meteora), gw menemukan bahwa gw paling suka sama, bukan “Crawling”, bukan “In The End”, bukan “Numb”, tapi “Forgotten”! Yes people! Menurut gw “Forgotten”lah yang paling memaksimalkan rock, hip-hop, rap, melodi emosional, dan tentu saja elemen digital dalam ramuan yang pas up and down nya (lho jadi Putri Indonesia 2009 gini =P). Although this version never been set as a single and kinda underrated, this is my favorite LP song of ALL TIME =).



9. "Chasing Pavements" – Adele (2008)
Vokal dahsyat dan berkarakter Adele itu lain hal. Lagu ini begitu mudah meresap kayak kecap meski baru pertama kali denger maupun setelah diulang-ulang. Aransemennya bagus, dan melodinya yang menguras emosi juga sangat sangat menggugah.



8. "Built To Last" – Mêlée (2007)
One of the most underrated songs of last decade, lagu ini punya kecenderungan untuk tetap di dalam ingatan setelah 1-2 kali dengar pertama, dan pemutaran selanjutnya akan mengundang ikutan nyanyi dan bikin adem hati siapapun yang mendengarnya *halah* meski musiknya sendiri pop-rock ala Amerika yang cukup rame aransemennya. Seperti bagian di liriknya “it warms the inside just like it should”. =)



7. "A Thousand Miles" – Vanessa Carlton (2002)
Melodi simpel dan tidak menantang mengiringi lirik yang gombal tidak menghalangi lagu ini untuk melesat jadi salah satu lagu pop paling diingat dekade lalu. Meski Carlton sendiri muncul di industri musik Amerika ketika lagi booming singer-songwriter cewek muda yang pegang alat musik (Michelle Branch, Avril Lavigne, Norah Jones dkk) secara berbarengan, toh hit milik Carlton ini tetap tertanam kuat di ingatan gw, enak banget lagunya. Gw suka dengan balutan aransemen yang nggak ragu2 digeber secara bergantian namun tetap memberi ruang sama permainan piano Carlton yang lucu. People can even sing out the piano intro =D.



6. "Ordinary People" – John Legend (2005)
This song is just beautiful. Period.



5. "If I Ain’t Got You" – Alicia Keys (2004)
Alicia Keys kayaknya gampang banget ngeluarin hits yang mantap saking berbakatnya dia. Hit yang paling gw suka ternyata jatuh pada “If I Ain’t Got You”, dengan iringin musik R&B akustik yang dramatis, nada yang moving, lirik yang ternyata nggak gombal2 amat, ini lagu yang nyaris sempurna.



4. "Mind Trick" – Jamie Cullum (2005)
Lagu yang masih kental jazznya, ya dengan permainan instrumen yang asik dan melodi khas musik “segmented” ini, tapi terdengar begitu ringan, easy going, fun dan catchy. Cuma Jamie Cullum yang bisa.



3. "I’m Yours" – Jason Mraz (2008)
Tidak ada lagu (kontemporer) luar negeri akhir2 ini di negeri kita yang punya pengaruh sehebat “I’m Yours” nya Jason Mraz ini. Awet diputar dan direquest di radio2, diputar di kios mp3 bajakan, musiknya ditiru iklan, bahkan sampe pengamen2 di Jakarta (yg dikenal wawasan musiknya tidak seluas pengamen2 Bandung) pun menyanyikannya. Dan setelah dengar selama 3 tahun, gw nggak bosen tuh. Hebat sekali lagu ini. Well done Mr. AZ.



2. "The Scientist" – Coldplay (2002)
Simple? Lazy? I think this song is brilliant! Walau bukan penggemar Coldplay, “The Scientist” adalah lagu yang bikin gw terdiam setiap kali dengar. Begitu kuat sihir Coldplay merasuk lewat melodi dan musiknya yang terkesan “begitu2 aja” hingga bikin gw hanyut di dalamnya. Susah menjelaskannya. This is a great one indeed.






1. "This Love" – Maroon 5 (2002)
Yes, that’s right. Hanya Maroon 5 yang sanggup menyulap lirik patah hati + marah2 + agak jorok menjadi sebuah lagu yang asik dinikmati akibat rangkaian kata-kata yang cerdas dan racikan bumbu funk dan pop-rock, contoh paling keren adalah "This Love" ini. Jika ditanya apa alasan gw meletakkan lagu ini nomer 1 untuk dekade 2000-2009, itu karena lagu ini begitu recognizable dan enjoyable kapanpun dimanapun, serta tidak mudah dinyanyikan ulang. Itulah yang menambah keunikan, keistimewaan, dan karakter lagu ini. Cover versions will never do it justice.





Demikianlah 25 lagu dekade 2000-2009 pilihan gw. What’s yours?

Komentar

  1. Hmmm, kalo gw di peringkat pertama mungkin antara:

    Viva la Vida/Fix You/The Scientist - Coldplay
    Beautiful Day - U2
    This Love - Maroon 5
    In the End - LP

    BalasHapus
  2. Great list! sayang no John Mayer in sight hahaha tapi overall pilihan2 lagunya oke2. top 10 saya suka semua (kecuali yg Forgotten, baru denger sekarang haha). setuju sama pendapat yg Built To Last, sangat underrated. videoklipnya keren kayak tribute untuk adegan2 romantis dari film2. and The Scientist.... hhh bener2 menyihir.

    BalasHapus
  3. cek bebi cek lady gaga no.21 hehehe lumayan ketimbang kagak masuk list nya abang, ya ampun sy pernah kepikiran bikin list musik tapi terlalu kebanyakan favorit jd menggembung kesana kesini...hehhehehee

    BalasHapus
  4. @movfreak: haha, nominasi no.1 ada 6, nice =)

    @Fariz: anu, saia emang kurang suka mas Mayer *kabur*...But glad you like my list. Terima kasih =)

    @andyputera: ayo bikin dong, kalo perlu bikin top 100 =D

    BalasHapus
  5. weeeeh..
    tanpa sadar aku jadi rajin kunjungi blog ini.

    Berbicara mengenai lagu (halah, bahasanya) kalau bikin top list, banyak juga ya. jadi bingung.
    Tapi aku coba buat deh, beserta film juga ah.
    Top 50 atau 100 gitu? Hehehe..

    BalasHapus
  6. @sulhan, hai trimakasih sudah sering mampir *senang =)*. Ayo ayo bikin juga. Untuk lagu aja saya mendaftar di blog ini ada 75 lagu (dibagi 3 kategori), itu juga pilihnya agak2 "jahat" musti menyingkirkan beberapa yang saya suka tapi tidak segitu berkesan banget banget gitu deh, hehe

    BalasHapus
  7. Nice list! kalo ada green day tambah komplit... hehe

    BalasHapus
  8. @Hendry, emm, kebetulan gak terlalu suka Green Day sih *ampun bang*, tapi yg "Boulevard of Broken Dreams" di dekade lalu lumayan saya suka, bagus =)

    BalasHapus

Posting Komentar