Minggu, 13 Maret 2011

[Album] Utada Hikaru - Utada Hikaru SINGLE COLLECTION VOL. 2


宇多田ヒカル Utada Hikaru – Utada Hikaru SINGLE COLLECTION VOL. 2
(2010 – EMI Music Japan)

Tracklist:
Disc 1:
1. Prisoner Of Love
2. Stay Gold
3. HEART STATION
4. Kiss & Cry
5. Beautiful World
6. Flavor Of Life – Ballad Version –
7. ぼくはくま Boku wa Kuma
8. This Is Love
9. Keep Tryin’
10. Passion
11. Be My Last
12. 誰かの願いが叶うころ Dareka no Negai ga Kanau koro
13. Beautiful World – PLANiTb Acoustica Mix –
Disc 2:
1. 嵐の女神 Arashi no Megami
2. Show Me Love (Not A Dream)
3. Goodbye Happiness
4. Hymne á l’amour ~愛のアンセム~ Ai no Anthem
5. Can’t Wait ‘Til Christmas


Utada Hikaru jelas adalah salah satu artis terbesar Jepang generasi sekarang. Di Indonesia sendiri Utada Hikaru adalah mungkin satu2nya artis Jepang yang setiap albumnya senantiasa konsisten dijual di toko2 kaset, meski kebanyakan dari kita masih aja stuck di lagu “First Love” yang udah berumur lebih dari satu dekade itu ^_^;. Di Jepang sendiri, album pertamanya saja, First Love, adalah album dengan penjualan tertinggi sepanjang masa (7,6 jutaan keping !), belum lagi penjualannya di luar Jepang (sebagian besar di Asia). Terbukti pula, Utada bukan hanya sukses sesaat, karena meskipun tidak seproduktif artis J-Pop kebanyakan, rilisan2nya setelah itu pun mendulang sukses selalu, baik di negerinya maupun di luar. Tahun 2010 adalah tahun yang penting bagi penyanyi WN Amerika Serikat ini. Selain menelurkan album kompilasi SINGLE COLLECTION VOL. 2 ini, di tahun itu pula ia memutuskan untuk rehat sampai waktu yang tak ditentukan, jadi ceritanya doi mau menandakan rehatnya itu secara istimewa lewat album tersebut. Eh, belum lagi ada “drama” ketika perusahaan rekaman Utada sebagai artis internasional (yg rilisan berbahasa Inggris) turut merilis album Utada The Best yang konon mendapat penolakan keras dari si artis sendiri. Jelas bukan tahun yang “tenang” bagi mbak Utada, hehe.

Anyway, yang kita bahas kali ini adalah album SINGLE COLLECTION VOL.2 yang merangkum rilisan single Jepang Utada Hikaru dari tahun 2004 (“Dareka no Negai ga Kanau koro”) hingga tahun 2008 (“Prisoner Of Love”) total ada 12 lagu (ditambah versi remix dari single “Beautiful World”) plus 5 lagu baru, agak berbeda dari yang VOL. 1 (2004) yang hanya berisi lagu2 yang sudah pernah dirilis saja. Tadinya sih gw gak terlalu berharap banyak sama album ini, mengingat gw juga bukan termasuk fan Utada—suka sih sama sebagian lagu yg ada di album ini, tapi nggak pernah suka album2nya yang banyak eksperimen—dan mengira ini akan jadi just another “the best of” album, tenyata nggak lho! Gw cukup terkejut ketika selesai mendengarkan album ini, ternyata single2 lama yang disusun menurut tanggal rilis secara terbalik ini dan lagu2 barunya bisa dirangkai menjadi satu album yang solid. Meskipun ada beberapa lagu yang tadinya gw nggak suka, yaitu “Beautiful World” (lagu tema film Evangelion 1.0) dan “Passion” (lagu tema game Kingdom Hearts II), ternyata jadi bisa gw nikmati juga karena album ini. Buang jauh2 bayangan bunyi2an “aneh” Utada sebelumnya, karena album kompilasi ini benar2 berisi lagu2 yang dapat dinikmati oleh kalangan luas.

Jika ada yang membedakan karakter musik Utada yang bisa dinilai dari lagu2nya, maka Utada rupanya sudah lumayan menjauh dari warna R&B yang tadinya diusung ketika awal2 muncul. Bila menggunakan album ini sebagai cermin, bisa dilihat sejak pertengahan dekade kemarin Utada seperti membentuk karakter musiknya sendiri, tetep pop sih, namun banyak menggunakan elemen digital kental tapi tidak agresif, dengan lirik dan melodi unik, plus diwarnai dengan vokal Utada yang khas dan kian menghipnotis. Dalam disc 1, sebagian lagu yang ada menggunakan instrumen mesin yang kerap menimbulkan kesan mengawang-awang enak *heh?* misalnya, “HEART STATION”, “Stay Gold”, “Kiss & Cry”, “Keep Tryin’” dan lagu “anak2” “Boku wa Kuma”. Namun, ada juga yang menggunakan instrumen “hidup” yang menggugah emosi, contoh “Flavor Of Life” (yang suka Boys Over Flowers/Hana Yori Dango/Meteor Garden versi Jepang pasti kenal lagu ini), “Be My Last”, dan “Dareka no Negai ga Kanau Koro” (yang pernah nonton film Casshern pasti pernah denger lagu ini). Untuk yang disc pertama, lagu terfavorit harus gw sematkan pada “Prisoner Of Love” (lagu tema sinetron Last Friends) yang menurut gw adalah single terbaik Utada semenjak “First Love”, juga pada versi remix—emm, versi pake instrumen non-digital, akustik plus plus lah—dari “Beautiful World” di track 13, namun overall, gw suka banget sama aliran lagu2 di disc pertama ini, enak beut.

Disc ke-2 yang berisi 5 lagu terbaru Utada juga tidaklah mengengecewakan. Bunyi2annya tidak jauh berbeda dengan yang disc 1 sehingga nggak terlalu ngejomplang waktu dengernya. Sebagian besar lagunya berbentuk pop yang catchy, entah itu “Goodbye Happiness” yang jadi single andalan album ini, yang bernuansa ceria, “Arashi no Megami” yang mellow, “Show Me Love” (lagu tema film Ashita no Joe/Tomorrow's Joe) berupa ballad yg agak menggelegar, serta lagu manis bernuansa Natal “Can’t Wait ‘Til Christmas” (fyi, album ini dirilis menjelang bulan Desember). Hanya ada satu track yang tergolong eksperimental, yaitu lagu milik Edith Piaf, “Hymne á l’amour” yang dibuat versi Utada, lengkap dengan tambahan lirik bahasa Jepang, dengan balutan jazz yang sangat enerjik. Lagu inilah yang paling menarik gw, karena meskipun eksperimental, tapi tidak terkesan “aneh” tapi malah sangat keren, the best track of the disc lah.

Maka secara keseluruhan, Utada Hikaru SINGLE COLLECTION VOL.2, walau sebagian besar “cuma” lagu2 yang udah pernah dirilis, adalah album yang bagus dan layak dikoleksi baik oleh penggemar mbak Utada (of course), penggemar J-Pop, maupun penggemar musik pada umumnya. Karakter khas Utada sebagai seorang artis (singer plus songwriter) terepresentasi dengan baik lewat album ini. Kayaknya inilah album “the best” terbaik dari artis J-Pop yang pernah gw denger, malah bisa jadi salah satu album “the best” terbaik yang pernah gw denger dari artis manapun. Very solid, no boring moment, and seriously worth your money.



My score: 8,5/10

宇多田ヒカル Utada Hikaru


Previews courtesy of Utada Hikaru official account on YouTube

Goodbye Happiness



Prisoner Of Love



HEART STATION



Flavor Of Life – Ballad Version –



Keep Tryin'



Be My Last



誰かの願いが叶うころ Dareka no Negai ga Kanau koro



3 komentar:

  1. Dan saya sudah keLiLing toko kaset di 3 maLL dan ga pernah dapet.. SoLd out =.=

    BalasHapus
  2. @amadl coba disc tarra atau WOM deh =), kalo gak salah harganya Rp 105.000

    BalasHapus
  3. Yap akhirnya udah nemu :D

    BalasHapus