Sabtu, 12 Maret 2011

[Album] Maroon 5 - Hands All Over


Maroon 5 – Hands All Over
(2010 – A&M/Octone Records/Universal Music)

Tracklist:
1. Misery
2. Give A Little More
3. Stutter
4. Don’t Know Nothing
5. Never Gonna Leave This Bed
6. I Can’t Lie
7. Hands All Over
8. How
9. Get Back In My Life
10. Just A Feeling
11. Runaway
12. Out Of Goodbyes (with Lady Antebellum)
13. Crazy Little Thing Called Love (Acoustic) [Bonus Track]


Maroon 5 telanjur jadi salah satu band kesukaan gw sejak album pertamanya, Songs About Jane (2002) yang juga jadi salah satu album favorit gw sampe sekarang. Album keduanya, It Won’t Be Soon Before Long (2007) juga nggak mengecewakan amat meski album pertamanya masih jauh lebih oke mnurut gw. Hands All Over adalah album ketiga mereka yang kali ini seluruhnya di”urus” sama produser Robert John “Mutt” Lange…yang sejak gw liat nama ini terus mendengar album ini secara keseluruhan gw kok bayanginnya Maroon 5 kali ini mirip Shania Twain XD.

But before we get to that, gw menilai Maroon 5 di album ketiganya ini seperti ingin memberi lagu2 baru, yang tetep asik2, namun tetap dalam koridor musik “ala Maroon 5”. Dalam bahasa negatifnya, musiknya sendiri tidak berbeda atau berkembang dari yang gw denger di karya2 merek sebelumnya. Single andalan “Misery” pun kalo dipikir-pikir mirip “This Love” tapi versi lincah. Hanya saja, kestatisan musik mereka bukan berarti menjatuhkan nilai kenikmatan mendengarkan keseluruhan album Hands All Over ini. Menurun iya, tapi it’s not bad at all kok. Malahan, gw menangkap bahwa Maroon 5 kali ini lebih kental unsur pop diantara warna musik mereka yg biasanya pop-rock-funk ini.

Tadi gw singgung gw merasa musik Maroon 5 di album ini agak mirip Shania Twain? Apalagi kalo membaca bahwa ada lagu “Out Of Goodbyes” yang berkolaborasi dengan band country Lady Antebellum? Well, gak segitunya sih. Lagian produser “Mutt” Lange bukanlah ekslusif ngurusin musik country saja sebenarnya. Cuman, gw cukup merasakan campur tangan Lange dalam aransemen lagu2 di Maroon 5 kali ini (yaiyalah), terutama di lagu yang berirama medium dan cepat, mulai dari permainan drum, sampe belokan nada yang dinamis dan lantang di keyboard dan bass, yang mengingatkan gw pada keterlibatan Lange dalam album2 hitnya Shania Twain. Jika ada hal baru di dari Maroon 5 lewat album ini, ya itu dia—tapi “hal baru” itu pun ternyata udah sering gw denger. Untungnya sih ini nggak menghilangkan karakter Maroon 5 yang selama ini dikenal. Permainan mereka tetap rapih dan enerjik, vokal khas Adam Levine pun masih enak sekali didengarkan.

Dari 12 track “asli”—nggak termasuk bonus track, yang gw suka selain “Misery” yang memang selalu sukses bikin goyang2 itu, adalah “Never Gonna Leave This Bed” yang bernuansa power-pop ballad ala Amerika, juga “Stutter” yang lebih medium-beat, “I Can’t Lie” yang mengedepankan beat funk yg oke, serta yang paling favorit adalah “Just A Feeling”, lagu yang slow namun cukup emosional. Track2 lain bukan favorit tapi nggak bisa dibilang menyebalkan juga, rangkaian lagu demi lagunya lumayan enjoyable, kelihatan sekali lagu2nya dibuat secatchy mungkin, hanya saja tidak sebegitu kuat meninggalkan jejak berarti di dalam memori *aih bahasanya*. Itulah yang menyebabkan album ini, bagi gw, belum bisa mengungguli karya Maroon 5 sebelum2nya, alih-alih disebut istimewa. Namun, Hands All Over bukan karya yang tidak bisa dinikmati sama sekali. Yang penggemar akan masih memaklumi, yang bukan penggemar pun rasanya akan tetap ikut larut dalam keasyikan khas Maroon 5 yang ditawarkan dalam album ini. Maroon 5 banget deh. Ini band masih jadi salah satu band favorit gw yang punya karakter tersendiri, baik dari musik, vokal, maupun kecenderungan bikin video2 klip yang rada ehem ehem, hahaha.



My score: 7/10


Maroon 5


Previews courtesy of Maroon 5 official channel on YouTube

Misery



Give A Little More



Never Gonna Leave This Bed



3 komentar: