Sabtu, 26 Februari 2011

Tebak-Tebakan Pemenang 83rd Academy Awards

Hampir tiba saatnya ajang penghargaan (salah satu yang) paling bergengsi dan paling populer di dunia. The OSCARS! Sebagai penggemar film, agak gatal rasanya untuk nggak menebak-nebak siapa2 saja yang akan mendapat piala emas berbentuk laki-laki yg sebenarnya nggak botak ini. Meski bukan orang yang kredibel dalam bidang perfilman, toh kebiasaan irasional ini tetap muncul tahun demi tahun, walaupun tidak semua unggulannya udah gw tonton--maaf, tolong jangan hina saya, ini sama seperti kebiasaan kalian penggemar sepakbola yang demen banget meramal hasil Piala Dunia bahkan jauh sebelum eventnya dimulai, atau kebiasaan penggemar fashion meramal trend tahun berikutnya di pertengahan tahun berjalan. Tidak ada alasan spesifik kenapa gw melakukan ini, bukan juga karena "oh gw penggemar film jadi musti prediksi pemenang Oscar, kalo nggak gitu bukan moviegoers namanya" *aduh kayak twit sindirannya siapa ya tuh? =P*, it's just plain fun.

Seperti tahun2 sebelumnya, cukup banyak film yang masuk nominasi tahun ini yg belum gw saksikan, apalagi film2 nomine itu yang HARUSNYA tayang di bioskop kita TIDAK JADI TAYANG gara2 masalah DUIT BELAKA sehingga pihak2 yang berwenang berantem sendiri TANPA MEMIKIRKAN KEPENTINGAN KONSUMEN! *geplak* *sabar pak* *tarik napas*. Jadi gw hanya bisa mengandalkan perasaan dan kesotoyan belaka. Di bawah ini gw menebak (bukan prediksi) pemenang dari setiap kategori, yang dasarnya percampuran antara penilaian/perbandingan dari yang udah gw saksikan (baik film utuh maupun cuplikan2), "rumus"2 yang biasanya bisa menentukan pemenang, penghargaan2 pra-Oscar, pendapat2 orang yang udah beredar, dan yang paling besar porsinya adalah...ngasal =P. Gw juga mencantumkan nama yang kayaknya nggak akan menang tapi gw akan senang kalo ternyata menang dalam "happy surprise". Perlu diingat, gw sering sekali salah tebak, namanya juga tebakan, jadi jangan terlalu dipercaya lah, hehehe.

So, inilah tebakan gw untuk 83rd Academy Awards...






MY OSCAR GUESSES:


best picture
“The Social Network”
Rumus Oscar selama ini adalah, pemenang best picture juga dinominasikan di directing, writing dan editing. Tahun ini yg memenuhi rumus itu cuma The King's Speech dan The Social Network. The King's Speech tampaknya yg terkuat peluangnya (karena menang Producers Guild of America juga), tapi...penerawangan gw kayaknya The Social Network aja deh *alasan kurang kuat dan kemungkinan salah sangat besar =P*
happy surprise: "Inception" hihihi


actor in a leading role
Colin Firth in “The King's Speech
Menang dimana-mana, dan pantas menang.
happy surprise: Javier Bardem in "Biutiful"


actor in a supporting role
Christian Bale in “The Fighter
Dedikasinya, gak hanya di film ini aja, sangat perlu dan harus dihargai, dan lagian di The Fighter dia bagus.


actress in a leading role
Natalie Portman in “Black Swan”
Gw ikut prediksi orang2 deh, blum nonton =P
happy surprise: Annette Bening "The Kids Are Alright", blum nonton sih tapi akan senang juga kalo tante Bening bisa akhirnya dapet Oscar.


actress in a supporting role
Melissa Leo in “The Fighter”
Konon ini nominasi paling ketat, yang kansnya agak kuat adalah tante Melissa ini yg menang Golden Globe dan Screen Actors Guild Awards juga tahun ini.
happy surprise: Amy Adams in "The Fighter" or Hailee Steinfeld in "True Grit"


animated feature film
Toy Story 3
Karena dapet nominasi Best Picture juga, dan Adapted Screenplay juga, dan memang bagusss filmnya.
happy surprise: "How To Train Your Dragon", unlikely sih, tapi jika saja, JIKA saja para anggota Academy sudah jenuh memberi Oscar kepada Pixar, maka How To Train Your Dragon sangat layak untuk jadi penggantinya.


art direction
Inception"
Entah kerasukan apa gw nyebut ini, tapi membuat set yang tampak "biasa" tapi "tidak biasa" itu bukan perkara mudah *alasan ngasal*
happy surprise: "The King's Speech" kata kunci: wallpaper.


cinematography
“True Grit”
Setuju sama beberapa pendapat yg ada, sinematografer Roger Deakins cepat atau lambat harus dapet Oscar untuk karyanya yang selalu dan selalu bagus. Mungkin ini saatnya.
happy surprise: "Inception"


costume design
“I Am Love”
Ya ya ya, biasanya yang bertema kerajaan zaman lampau yang menang di kategori ini, karena emang paling terlihat kinclong. Tapi didorong oleh pidato kemenangan Sandy Powell untuk "The Young Victoria" tahun lalu, bahwa penata kostum film kontemporer itu "worked as hard", mudah2an para anggota Academy mau terbuka matanya dan memberi kesempatan pada yang bertema kontemporer *ngarep*.
happy surprise: "Alice In Wonderland"


directing
“The King's Speech”, Tom Hooper
Rumusnya, kalau udah menang Director's Guild of America, pasti menang Oscar. Kelar perkara.
happy surprise: "The Social Network" , David Fincher


documentary feature
“Inside Job”
Asal tebak.


documentary short subject
"Killing In The Name"
Temanya sentimentil tapi termasuk berani, soal seseorang biasa yang mau melacak seluk beluk terorisme di Timur Tengah pasca serangan bom bunuh diri di hari pernikahannya yang menewaskan puluhan keluarganya.


film editing
“The Social Network”
ritmenya pas dan nggak ada adegan yang membosankan, now that's good editing *sotoy* =).
happy surprise: "The Fighter"


foreign language film
"Incendies" , Canada
Asal tebak.


makeup
The Way Back
Baru nonton film ini saja...mudah2an anggota Academy terkesima sama perpaduan apik muka lusuh dan mata indah Saoirse Ronan =P.


music (score)
“Inception”
I have good records on guessing best score. Mudah2an kali ini juga benar *harap2cemas*.


music (song)
"I See The Light" from "Tangled a.k.a. Rapunzel"
Bisa jadi Academy bosan memberi pada si master lagu2 Disney, Alan Menken. Tapi sependengaran gw, lagu ini lah yg paling oke, baik dalam relevansi cerita maupun sebagai lagu mandiri. Tapi, kebalikannya best score, I have bad records on guessing best song.


short film (animated)
"Let's Pollute"
Liat klipnya dikit, yaoloh, satir nyindir nonjok bener nih kartun krayon XD. Cerita mengenaskan tentang bumi kita tapi kok ya bisa bikin ngakak, nice gan.
happy surprise: "Day & Night", animasi "appetizer"nya Toy Story 3, inovatif dan lucu.


short film (live action)
"Wish 143"
Asal tebak....well, gw liat sedikit sih klipnya di Oscar.com, dan ini yg agak paling menarik.


sound editing
“Inception”
Adakah cara anggota Academy menebus gagalnya sutradara Inception masuk nominasi Oscar? Kasih dah di bidang teknis, mulai dari sound editing ini *komentar yang sangat tidak kredibel*.


sound mixing
“Inception”
Alasan seperti sound editing.
Happy surprise: "The Social Network"


visual effects
“Inception”
Alasan masih sama dengan sound editing dan sound mixing =P.


writing (adapted screenplay)
“The Social Network”
Yes! -- I don't understand. --Which part? =D


writing (original screenplay)
“The King's Speech”
Sulit juga sih calon kuat seperti ini dipecundangi kayak Up In The Air oleh Precious tahun lalu. Tapi yah, to be safe gw tebak The King's Speech aja deh. Idenya cukup orisinil...meskipun jika ada yang lebih unggul dalam urusan orisinalitas dan kreativitas, maka harusnya yang dapet adalah....
happy surprise: "Inception"...though kind of unlikely *berdoa+puasa demi Inception*



Kita lihat nanti tahun ini gw bisa nebak berapa yang benar pada acara penganuherahannya Senin, 28 Februari 2011 pagi WIB, lalu gw akan melaporkan hasilnya dalam postingan daftar pemenang 83rd Academy Awards. Stay tune =)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar