AJIRENJI MINDSTREAM REVIEWS 2ND ANNIVERSARY: Stories and Facts

Duaaa tahun *isyarat tangan ala emaknya Kiki Fatmala*. Wow, nggak berasa, hehe, ungkapan standar ya. Tapi bener kok, rasanya belum selama itu gw memulai blog bejudul Ajirenji Mindstream Reviews ini. Gw aja sampe lupa "merayakan" satu tahunannya—err, kalo itu sih karena males aja hehehe. Berawal dari sekadar mengisi waktu yang (sangat) senggang kala masih cari pekerjaan, tepat pada tanggal ini dua tahun yang lalu gw mempublish sekaligus 3 entri: perkenalan, review album Hata Motohiro bertajuk ALRIGHT serta artikel My 10 Best Japanese Vocalists sebagai entri2 perdana penanda lahirnya blog iseng2 tak penting ini. Natsukashii... 



Cerita sedikit latar belakang (berhubung peringatan satu tahunnya kelewatan ^_^"), blog Ajirenji bukanlah "pengalaman" perdana gw nulis2 sesuatu yang dipublikasikan—maksudnya bukan cuman gw aja yang baca, haha. Sebelumnya gw cukup rajin nulis review2an di Friendster (skarang udah ilang arsipnya T-T) dan Facebook. Sebelum itu pun, gw pernah bikin artikel2an tentang film dan juga sepasang ulasan musik di majalah dinding SMA. Eh, ditarik lagi masa sebelumnya, ternyata jaman SMP dan SMA gw hobi mengisi  loose-leaf file 
binder gw (dulu ngehit banget kan tuh) dengan review2an film—yang sedikit banyak terpengaruh oleh gayanya majalah Cinemags dan kemudian M2 Movie Monthly =)— yang bahkan sempet gw "bagi-bagi" sama temen sekelas buat tugas bikin sinopsis Bahasa Indonesia...untung aja tugasnya dibatalin hehe *malu*. Gw sendiri sebenarnya gak merasa gemar menulis, boro2 ngaku penulis, karena orang yang gemar nulis harusnya gemar baca sebagai sumber perbendaharaan bahasa...gw nggak gemar baca =P, bahkan bisa teman2 lihat sendiri kemampuan menulis gw sangat berantakan—lebih ke arah bahasa percakapan yang gw lakukan atau dengar di sekitar. Cuman mungkin karena gw orangnya banyak diem dan kurang gaul getoh *ngaku*, menulis menjadi sarana gw untuk mengungkapkan pendapat gw tentang hal2 yang gw sukai, dalam hal ini film dan musik (terutama Japanese pop), which is really really fun


Kalau diinget-inget lagi, format review/artikel yang gw posting di blog ini pertama kali gw terapkan waktu baru2 punya akun Facebook (tahun 2008) dengan memposting review yang kira2 sama dengan yg gw posting di Friendster—Friendster kan pake rating per 5 bintang, di Facebook gw pake sistem per sepuluh seperti di file binder gw waktu SMP/SMA itu. Karena notes di Facebook ini bisa dikomentarin orang, akhirnya gw tau, ternyata sambutan teman2 di Facebook—entah kenapa gw masih heran—cukup positif. Jadilah ini sedikit banyak memotivasi gw, *suara hati ala sinetron* "kalau di Facebook kan cuman temen2 gw aja yang bisa liat, kalo bikin blog yang bisa dilihat oleh siapa saja, lucu juga kali ya" *suara hati selesai*. Setelah tahap menimbang dan memilih situs yang akan gw pake, tahap tersulit buat gw adalah nama blognya. Gw masih merasa kurang seru kalo pake nama gw sendiri, tapi mau bikin alias juga agak bingung...Namun akhirnya gw memilih alias yang gw gunakan di beberapa forum: Ajirenji, gw ambil dari ejaan Jepang dua band J-Pop kesukaan gw: ASIAN KUNG-FU GENERATION dan ORANGE RANGE. Lalu gw tambahin "mindstream", plesetan dari mainstream, yang gw paksain bermakna "aliran/tumpahan pikiran" gw *hadeeuh*. Dan voila, that was it *ala Farah Quinn*, 26 Januari 2009 diluncurkanlah blog Ajirenji Mindstream Reviews ke hadapan publik.

Sebagian besar blog ini berisi sharing pendapat gw tentang film atau musik (album), tapi pada perjalanannya gw juga mencoba menawarkan variasi dengan beberapa artikel yang terkait dengan kedua bidang tersebut. Misalnya pada My 10 Best Japanese Vocalists tadi; juga "Antara Music Station dan music shows di TV nasional"—curhat gw tentang perbandingan acara panggung musik di Indonesia dengan sebuah acara musik di Jepang ; 5 Reaksi Tanda Film Tidak Bagus; My Top 5 Cinema—curhat dan pemeringkatan tentang bioskop2 favorit gw; 25 lagu Jepang dan Indonesia dekade 2000-an pilihan gw; Nama di Balik Lensa—tentang 5 sinematografer yang paling gw suka kinerjanya sekaligus usaha gw membuat tulisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar; serta sharing rekomendasi lagu J-Pop yang gw kompilasikan dalam "My J-Pop", selain sedikit ulasan tentang Festival Film Indonesia, Grammy Awards dan Academy Awards, dan 10 film dan musik pilihan gw secara tahunan.

Namun tak ada yang lebih membuat gw terharu daripada artikel iseng DVD BUYER'S GUIDE tentang 8 distributor DVD resmi di Indonesia yang sampai saat ini adalah postingan yang paling sering diakses di blog ini, bahkan menembus angka 1000-an TvT. Bahagia dan bangga rasanya postingan yang proses penelitian *halah* dan penulisannya agak panjang ini disambut sampe segitunya. Malah gw agak merasa ada sebuah impact dari tulisan ini, bahwa salah satu distributor DVD yang gw "kritik" kini mengadakan perubahan pada produk yang dikeluarkannya (khususnya pada hal cover). Meskipun belum tentu itu disebabkan oleh tulisan gw *idih gHeEr aj4h aQuwh*, tapi biarkan...aku menjaga..perasaan ini , oowh...^__^

Tak hanya itu, tak terbayangkan sebelumnya bahwa lewat blog ini gw bisa menambah teman2 baru. Kini gw terbilang cukup akrab dengan teman2 sesama penulis blog mengenai bidang yang sama (film, yg sama2 film+musik pun ada =)), berkat adanya jejaring sosial, padahal ketemu muka pun nggak pernah (though I'm looking forward to that ^_^). Teman2 blogger inilah yang paling besar pengaruhnya buat gw untuk terus semangat meng-update dan meng-update blog ini, sekalipun waktu senggang gw kini sangat berkurang ketika sudah menjadi pelacur korporat *curhat ngelantur*. But anyway, buat teman2 blogger yang sebagian di antaranya tergabung dalam IMBlog Community, thanx a lot guys, u rock! *sok asik* =D.

Tak lupa lewat tulisan ini gw juga mau mengucapkan terima kasih yang mendalam bagi semua pengunjung dan pembaca Ajirenji Mindstream Reviews selama 2 tahun ini *maaf nggak bisa ngasih apa-apa T-T*. Adanya jejak komentar dari pembaca dalam postingan2 pun menjadi penyemangat gw untuk lanjut dan rajin mengelola blog ini—karena pernah dalam satu bulan gw cuman bisa posting 2 tulisan saking nggak bisa atur waktu, hehe. Mohon doanya semoga gw senantiasa dikuatkan untuk terus menghidupkan blog tak berguna tapi mungkin menghibur ini *narsis*, dan semoga di masa mendatang gw dimampukan memposting tulisan2 yang lebih baik dan bermanfaat bagi semuanya. Saran dan kritik juga diterima loch. Saran pasti diterima dengan senang hati, kalo kritik...eemmmm...diterima dengan...baik =P

Sebagai tambahan gw akan memberi sisipan beberapa fakta tentang blog Ajirenji Mindstream Review. Monggo...

(untuk 1 sampe 4 berhubung blogspot baru mengaktifkan fitur stats belakangan, gw mendasarkannya sejak fitur stats itu muncul, yaitu Mei 2010 sampe 26 Januari 2011 pukul 00:00)

1. Entri paling sering diakses: "DVD BUYER'S GUIDE: Menilik 8 Distributor DVD Resmi di Indonesia" (1718 kali)
2. Entri paling banyak dikomentari: "Inception (2010)" (17 komentar)
3. Review film paling sering diakses: "Children of Men (2006)" (148 kali, efek abis ditayangin di Trans TV waktu itu =D)
4. Review album paling sering diakses: "Endah N Rhesa - Nowhere To Go" (180 kali, juga jadi entri pertama yang dilink/retweet sama artisnya langsung *bahagia hatiku*)
5. Film dengan nilai tertinggi: "Children of Men (2006)" (9,5/10)
6. Film dengan nilai terendah: "Transformers: Revenge of The Fallen (2009)" (3/10)
7. Album dengan nilai tertinggi: "Mr. Children - SUPERMARKET FANTASY" (8,5/10)
8. Album dengan nilai terendah: "Rezza - The Voicer" (6/10)


Eh,eh, bocoran dikit. Untuk tahun ke-3 blog ini, gw udah ada rencana untuk memposting beberapa artikel yang maunya dirilis kemaren2 tapi belum sempat direalisasikan, yaitu My Top 25 International Songs of the 2000's dan My Top Movies of the 2000's. Coming soon =)

Komentar

  1. Rafael Yanuar / @Opiloph1 Februari 2011 pukul 20.04

    Saya termasuk pengikut gaib blog Anda, jarang memosting komentar tapi selalu betah berlama-lama di sini ;p.

    Happy 2nd Anniversary, weblog Ajirenji :D.

    Semoga dalam perjalanan ke tahun ketiga, posting J-Pop semakin marak di Ajirenji (maunyaaa ~~~) :)

    BalasHapus
  2. @rafael: terima kasih selama ini udah mampir...ya saya juga maunya J-popnya agak banyakan lagi, we'll see lah =)

    BalasHapus

Posting Komentar