Senin, 28 Desember 2009

Year End Note: My Top 10 Songs of 2009 (Japan)

Selanjutnya adalah 10 lagu Jepang kesukaan gw di tahun 2009. Kebalikan dari lagu2 Indonesia, gw tahun ini terbilang jarang denger lagu J-Pop, atau setidaknya frekuensinya nggak setinggi tahun2 lalu. Selain kesibukan menjengkelkan, lagu2 J-Pop yg nge-hit di Jepang sepanjang 2009 memang banyak sekali yg bukan favorit atau tipe kesukaan gw (Johnny’s lagi, Johnny’s lagi, atau grup2 idol perempuan semacam AKB48). Setelah dengan pertimbangan dari sedikitnya lagu2 Jepang rilisan 2009 yg gw dengarkan, berikut 10 yg jadi favorit gw, diurut secara abjad.


1. “Aiamaru Tomi” - Shiina Ringo
(「あいあまる富」- 椎名林檎)
Lagu dari Shiina Ringo (yg juga vokalis band Tokyo Jihen) yg paling “normal” yg pernah gw denger. Nada dan musiknya tergolong mudah diterima dan memang ada “sesuatu” yg bikin gw larut dalam lagu ini, yg pasti bukan karena vokal dan
sound rekaman yg sama2 over-treble.. ^m^

2. “Asa ga Kuru Mae ni” – Hata Motohiro
(「朝が来る前に」- 秦基博)
Single
yg mellow tapi sekaligus meneduhkan sekali. Instrumen2 akustik dan string section nyatu banget sama suara manteph dari Hata. Salah satu karya terbaik abang yg satu ini.

3. “Black Glasses” - Angela Aki
(アンジェラ・アキ)
Lagu ini dibuat Angela Aki barengan musisi Amerika, Ben Folds dengan lirik
full bahasa Inggris. Dua kata yg bisa menggambarkan lagu ini: lucu dan unik. Ramuan musiknya agak berbeda dari lagu2 Angela kebanyakan tapi tetap menyenangkan dan enak didengar.

4. “Butterfly” - Kaela Kimura
(木村カエラ)
Melodinya kayak lagu jaman dulu, lucu deh, tapi Kaela harus memasukkan unsur yg disukainya yaitu
riff gitar listrik dengan distorsi serta beat drum yg nge-rock. Biar gitu hasilnya enak2 aja tuh, catchy dan tidak kacau. Sekali denger pasti nempel deh.

5. “Esora”
(「エソラ」) - Mr. Children
Basi-an akhir tahun 2008, tapi sempet lama jadi
ringtone di handphone gw. Musikalitas Mr. Children kembali ditunjukkan lewat hit ini, ceria dan berwarna, namun tetap berkualitas wahid terutama dari aransemennya.

6. “Etoile feat. Kirinji” - Tomita Lab
(「Etoile feat.キリンジ」- 冨田ラボ)
Keiichi Tomita adalah salah satu musisi Jepang yg gw kagumi. Dia produser dan arranger tapi bukan produser dan arranger biasa (cth: “Everything” nya MISIA dan “Canvas” nya Ken Hirai), tandingannya di sini mungkin Elfa Secioria. Tomita Lab adalah proyek dirinya untuk menyalurkan karya2 ajaib khasnya yg dilumuri unsur pop, jazz, klasik dan agak Disney dengan menggunakan instrumen yg kaya nan tepat guna. Kali ini meminjam jasa vokal dari duo
folk Kirinji, lagu Etoile yg bertema “ballerina” (karena memang soundtrack untuk film tentang seorang ballerina), Tomita menegaskan kembali kelasnya: aransemen yg terkesan nggak teratur tapi anehnya nyaman didengar—juga karena irama yg groovy, dan menumbuhkan kekaguman jika didengarkan dengan seksama, kord2 tiap instrumennya kok bisa nemu aja sih...?

7. “Ichibu to Zenbu”
(「イチブトゼンブ」) - B'z
Duo rock yg udah tuir (20 tahun) tapi mungkin tidak akan pernah mati. Apapun yg mereka rilis pasti laris manis dengan kualitas
respectable. Ini salah satu hit yg paling bagus yg pernah oom2 ini rilis beberapa waktu belakangan. Musiknya sih familiar, tapi nadanya catchy, solo gitar yg selalu sadis, dan hentakan yg tetap nge-rrrock meskipun lagunya pop. Bravo for the energy.

8. “Joy” - Bonnie Pink

Bonnie Pink yg udah terbilang senior ini bwt gw agak angin2an, kadang karyanya bagus tapi tak jarang yg terlalu biasa. Untungnya “Joy” adalah lagu yg sangat
easy-listening dengan groove dan unsur classic R&B yg menyegarkan. A fine-crafted song.

9. “Loop, Loop” - NoaNowa
(「ループ、ループ」のあのわ)
Lagu ini
catchy sekali sejak detik pertama, apalagi permainan gitar, drum dan cello yg genit dan menonjol membuatnya punya warna yg unik dan asik. Aransemennya sangat rapih dan akan mudah dikenali bahwa lagu ini milik NoaNowa, “berkarakter” istilahnya tuh.

10. “My Best of My Life” - Superfly

Satu lagi lagu indah dari salah satu talenta vokal terbaik milik Jepang. Mengalun lembut namun perlahan-lahan jadi “menggelegar” karena memang Superfly musiknya rock, awal sampai akhir lagu ini tertata bagus, megah, dan tentunya melodi yg gampang menyelusup di telinga. Walaupun belum semaknyuss hitnya tahun lalu “Ai wo Komete Hanataba wo”, tapi lagu ini tetap pantas ditengok.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar