Minggu, 01 November 2009

[Movie] 9 (2009)


9
(2009 - Focus Features)

Directed by Shane Acker

Screenplay by Pamela Pettler

Story by Shane Acker

Produced by Tim Burton, Timur Bekmambetov, Jim Lenley, Dana Ginsburg, Jinko Gotoh

Cast: Elijah Wood, Christopher Plummer, Jennifer Connelly, John C. Reilly, Martin Landau, Crispin Glover



Focus Features adalah studio yg selama ini mengedarkan film2 yg disebut-sebut "arthouse", "sidestream" atau istilah gampangnya: mudah dijauhi orang, misalnya Lost In Translation,The Pianist dan Eternal Sunshine Of The Spotless Mind. Pokoknya yg temanya beda dan cenderung tidak populer meskipun secara mutu rata2 jauh dari memalukan. Kecenderungan ini pun masih kerasa ketika Focus masuk ke bidang animasi. Awal tahun ini mereka nelurin Coraline yg memang bagus kualitasnya, dan kali ini 9 (baca: nine, tapi kalo mau bilang songo atau salapan ya terserah sih), film animasi CGI hadir dengan tema yg sama gelapnya serta sama-sama bukan tontonan anak2.


9 adalah versi panjang dari film animasi pendek nomine Oscar berjudul sama. Kisahnya tentang seorang (?) boneka karung kecil bernomor punggung 9 (Elijah Wood) yg terbangun di sebuah laboratorium ketika manusia sudah tidak ada lagi, kiamat. Dengan rasa penasaran, 9 menjelajah kota yg sudah porak-poranda, lalu dia bertemu dengan makhluk seperti dirinya, bernomor punggung 2 (Martin Landau). Dengan demikian, 9 tahu bahwa di tidak sendirian. Tapi tiba2 datang makhluk robot berbentuk tengkorak anjing yg menyerang mereka, dan kemudian berhasil menangkap 2. 9 kemudian diselamatkan oleh 5 (John C. Reilly) di sebuah gereja, dimana dia bertemu yang lainnya, termasuk yang jadi pemimpin, 1 (Christopher Plummer). Di sanalah 9 tahu bahwa boneka2 karung ini ada sembilan biji, namun ada juga yg terpencar-pencar. 9 pun gerah pada kenyataan bahwa 1 tidak berniat menyelamatkan 2, padahal dia teman mereka (karena memang 2 dibawa ke tempat yg berbahaya). Tanpa menunggu terlalu lama, 9 pun nekad mengajak 5 untuk pergi ketempat 2 ditangkap. Mereka berhasil dengan usaha mengalahkan si robot tengkorak dengan bantuan si jagoan 7 (Jennifer Connelly). Namun, 9 yg ternyata membawa sebuah benda penting (semacam batere), menemukan tempat yg pas untuk memasang benda itu, karena penasaran, dipasang deh...tanpa disangka, 9 telah membangunkan sebuah mesin besar nan hebat, yg bisa membuat mesin2 lainnya, bahkan menyerap nyawa 2 sehingga tubuh bonekanya tidak hidup lagi. 9, 5 dan 7 berhasil menyelamatkan diri, mencari tahu apa sebenarnya mesin itu, dan meyakinkan rekan2 yg lain untuk bisa menghentikan mesin itu. Masalahnya, kesembilan boneka ini tidaklah akur, apalagi 1 yg lebih memilih menghindar, dan lagipula, mesin supercerdas itu mengincar setiap nyawa boneka karung itu dengan berbagai cara. Buat apa gerangan? Dan pertanyaan yg lebih besar, kok bisa ada boneka2 karung yg bisa jalan2 dan ngomong?


Technically
, langsung aja gw bilang, film 9 punya konsep visual yg original. Meski suram dan dunianya luluh lantak, tapi semuanya bagus aja diliat dan berbeda dari yg pernah ada. Dihiasi adegan2 action yg cukup seru, sound yg oke, dan terutama animasi yg mantep. Dari segi tema memang sama dengan Terminator atau The Matrix, tentang manusia yg kalah dikuasai mesin ciptaannya sendiri, bedanya tidak ada makhluk manusia di sini. Film ini berhasil membangun karakater2 yg mudah dikenali (selain desain yg unik2), terutama karena sifat2 1 sampe 9 berbeda satu sama lain. 9 adalah yg paling muda, paling berani, dan paling inisiatif dalam bertindak, bertolak belakang dengan 1 yg merasa sebagai pemimpin, berpengalaman, sangat hati2 dan cenderung keras kepala. 2 adalah semacam ilmuwan dengan semangat seperti 9 versi tua, lalu 5 adalah seorang penolong dan cenderung bersikap ragu2, 6 agak mistis dan berada di dunianya sendiri, 7 yg punya skill fisik tinggi dan nggak neko-neko, kemudian ada 8 yg bertubuh tinggi besar tapi kayaknya otaknya kecil banget. Mnurut gw sih yg paling lucu si kembar peneliti bisu, 3 dan 4, setiap kemunculan mereka bikin sedikit seger setelah sepanjang film suasananya redup selalu. Jalan ceritanya mudah diikuti, memanfaatkan waktu kira2 80 menit saja dengan baik, awalnya agak lambat tapi lama2 cukup exciting kok, dan ketika kita kira ceritanya udah bakal kelar, ternyata masih ada lagi. 9 sebenarnya punya bekal lengkap sebagai film yg baik.

Ceritanya sendiri agak berat di balik plot
good vs evil dan karakter menarik di permukaan. Dialognya terbilang sedikit, sedikit tapi berat. Tadinya sih gw gak ngeh, tapi temen gw yg nonton bareng malah langsung merasa nonton film ini kayak belajar filsafat terutama kepada bagaimana manusia (atau apapun itu) punya rasa keingintahuan begitu besar, bahkan ingin menyamai penciptanya, hingga pada akhirnya membawa malapetaka. Hmm, buat gw bagian ini agak tersembunyi, nggak sejelas film2 Pixar misalnya. Well, mungkin gw harus nonton lagi karena memang gw kurang peka sama hal2 begituan kalo cuman nonton sekali. Tapi memang banyak yg bisa digali dari film ini, mungkin termasuk soal nilai tanggung jawab dan pengorbanan. Yg justru gw langsung tanggap adalah mengenai jati diri kesembilan boneka ini. Akan sangat spoiler kalo gw beberkan di sini, tapi intinya ada hubungannya dengan "purpose of life". Awalnya 9 nggak tau apa2, lalu ke level ceroboh, kemudian belajar untuk jadi lebih bijak, dan akhirnya, menemukan pencerahan. Know who you are and you'll know what to do. Mantap.

Secara keseluruhan 9 adalah film yg menarik dan sebenarnya tidak membosankan. Hanya saja nilai
entertainment nya nggak terlalu muncul akibat mood-nya yg memang kelam (dan serius), humornya minim, bahkan keterikatan emosi dengan penonton (gw) pun kayaknya nggak terlalu berasa. Apakah film ini wajib tonton? Hmm, bisa dibilang sangat nggak rugi kalo nonton, tapi nggak nonton pun no problem sih. Yang jelas, animasi dan karakterisasi nya pantas ditengok.


My score:
7/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar