[Album] The Banery - Janji Pasti


The Banery - Janji Pasti
(2009 - myOyeahmusic/Universal Music Indonesia)


Tracklist:
1. Tanpa-Mu

2. Cemburuisme

3. Janji Pasti

4. Waktu Yang Menjawab

5. Romee

6. So Sad

7. Tak Bisa Begini Tak Bisa Begitu

8. What I Said

9. Life

10. Karena Dia (akustik)

11.
iklan RBT (^_^')


Yang sering denger radio2 "anak muda" mungkin cukup akrab dengan lagu "Karena Dia" dari The Banery, terutama tarikan "diaaaaa...aaa..aaa...adalah penghancur, penghancur hidupku" yg rada adiktif itu. The Banery adalah salah satu pemenang kompetisi band L.A. Lights Indiefest 2008, sebuah kompetisi yg dari judulnya aja kayaknya sih para lulusannya agak sulit untuk sukses secara komersil. Gw hanya pernah mendengar dua nama lulusan kompetisi yg lalu-lalu: Vox dan Monkey to Millionaire, tapi di bursa radio mereka sedikit tergilas sama yg lebih terkenal. Lain cerita dengan The Banery, gw cukup sering denger lagu hit "Karena Dia" di radio, dan mereka terbilang beruntung udah berkali-kali main di TV (di Dahsyat RCTI aja udah 3 kali)...gw tau alasannya: The Banery punya potensi pasar yg lebih luas dari rekan2nya. Musik mereka mudah diterima di kuping dan tampilan mereka juga cukup menyenangkan dilihat (pakaian warna-warni dan dasi kupu2 yg senantiasa eksis ^^). Tampaknya juga, baru The Banery yg distribusi albumnya di "bantu" sama major label, padahal baru album debut loh!

The Banery adalah 'B'and yg terdiri dari 'A'dam (drum), 'N'anda/Oddo (keyboard, vokal), 'E'gi (gitar, vokal), 'R'afli (bass, vokal) dan 'Y'udhi (rhythm gitar, vokal) --nah, kenapa namanya The Banery hayoo...?-- yg hadir dengan mengusung musik yg mereka sebut "British Sunshine Pop"...atau mungkin orang2 bilang musik "agak mirip The Beatles" karena memang mereka tadinya copyband The Beatles...kalo gw bilang "pop dan rock n roll jadul" ^0^. Memang sama sekali nggak ada modernisasi dari musik The Banery, semua back to basics bernuansa 60's-70's, mirip The Changcuters tapi tidak segila itu, atau Naif tapi tidak selucu itu. Tapi intinya, musik mereka, setidaknya di satu album Janji Pasti ini melodinya catchy dan enaak didenger. Komposisi nya asik2, banyak yg bisa bikin kepala goyang2 kecil, misalnya di lagu jualan "Cemburuisme" yg agak meng-dangdut, atau lagu sedih-tapi-kok-ceria "So Sad".

Seperti yg gw denger di sebuah statiun radio saat mereka diwawancara, mereka memang berkonsep optimisme walaupun isi lirik justru kebalikannya--ya kayak "Karena Dia" itu. Malah walau liriknya marah2 kayaknya "Cemburuisme" dan "Romee", musiknya tetep asik. Hanya ada satu lagu yg bener2 slow, "Waktu Yang Menjawab" yg seakan membawa gw ke jaman kejayaan Favourite Band tahun 70-an (fyi, itu band yg vokalisnya Mus Mulyadi, thanx to my parents' karaoke laser discs). O ya..The Banery ini berlima, dan ada empat orang yg berstatus "vokal", jadi lead vocal nggak cuman melulu 1 orang. Bassis dan lead vocal di lagu "Karena Dia", Rafli paling sering hadir termasuk menambah (istilah paduan suara) suara III di tiap lagu, emang dia sih yg gw bilang paling mantep euy suaranya.

Jujur gw suka hampir semua lagu si album ini. Favorit gw adalah "Cemburuisme", "Janji Pasti" yg berpotensi komersil, "Romee" dan "So Sad". Tapi gw mulai merasakan ada pengulangan ketika "Tak Bisa Begini Tak Bisa Begitu", "What I Said" --lagu yg membuat mereka jadi salah satu pemenang kompetisi Indiefest, dan "Life" (lagu berbahasa Inggris yg rada ngawur grammarnya hihihi) mengalun berurutan. Masing2 lagu sebenernya enak, tapi kalo diurutin begitu nada dasarnya kayak sama semua (^o^) jadi agak kagok membedakannya kalo hanya dari bagian awal--atau mungkin karena lead vocalnya bang Rafli semua (^.^'). Dan terima kasih kepada yg namanya strategi marketing, lagu hit radio "Karena Dia" versi full band TIDAK ADA di album ini, karena hanya bisa didapat di album kompilasi L.A. Lights Indiefest Vol. 3. Damn! Versi akustik yg ada di sini bagaikan "versi loyo" dari yg aslinya, tapi daripada gak ada sama sekali? Gakpapa deh, lumayan kok. T-T Selain itu, gw kok ngerasa album Janji Pasti diperlakukan terlalu "indie" atau terlalu "jadul" dari segi hasil rekamannya. Ada sedikit noise dan suara gitar elektrik yg sering mendem, suara keyboard kegedean dan mixing vokal yg timpang (cth "Cemburuisme" ^_^') membuat gw bertanya-tanya: "2009 nich?" hehehe, atau mungkin disengaja agar unsur vintage nya jadi definitif? Entahlah, sedikit ganggu tapi untungnya "The Banery"-nya sendiri tidak terhalangi oleh kekurangan2 itu. Bakat gak bisa bo'ong lah, haha.

Di luar kekurangannya, gw sangat menikmati album Janji Pasti. Misalnya dengan rekaman yg lebih baik dan menambahkan lagu "Karena Dia" versi original serta perbaikan tata bahasa di lagu "Life" ^_^' this would be a near-perfect album. The Banery sebagai artis sangat menjanjikan (I'm a new fan), sangat pantas dilirik oleh pecinta musik Indonesia, dan sangat layak untuk laku, apalagi gw yakin akan ada saatnya konsumen musik jenuh dengan tawaran band tampilan-sangar-tapi mellow-melayu-lagian-aransemen-dan-skill-begitu-begitu-ajah keluaran major label dan berpaling ke musik yg berbeda tapi tetep enak seperti The Banery ini.

Salam dasi kupu-kupu!


my score: 7,5/10



The Banery



PS: Gw baca thanks note dari personelnya: gitaris dan lead vocal "Cemburuisme", Yudhi berterima kasih sama Kamen Raider dari angkatan pertama sampai sekarang sebagai penyemangat (haha). Tapi ternyata sang drummer, Adam juga berterima kasih sama kartun2 Jepang terutama "BLEACH" (hey..I'm a fan also ^_^) sebagai penyemangat. Gw yakin, waktu bikin note itu, salah satu dari mereka pasti nyontek! (~<^0^> ~)


Previews courtesy of YouTube


Karena Dia (versi yg tidak ada di album T_T)


Cemburuisme



Romee (live at L.A. Lights Indiefest 2009 Live Audition, Surabaya)



What I Said (versi Indiefest 2008, blum ada dasi kupu-kupu haha)


Sebenarnya preview gak cuman ini tapi yg diposting di YouTube nggak banyak.

More previews at The Banery Facebook fanpage. Enjoy ^.^


Komentar

  1. Gw juga suka!! Calon band yg bakal nyaingin band2 bagus terdahulu dengan gaya musik yg ga itu2 aja dan nyaman didenger!!!

    BalasHapus
  2. Thanks so much for the review ..
    Gw baru berencana untuk beli besook ..
    Favorit gw dari dulu sih "What It Said".. efek keyboard-nya bikin 'sakit' .. hehe

    BalasHapus
  3. @pege17, support musik Indonesia!! (terutama yg bagus dan "betulan" berbakat) ^.^

    BalasHapus
  4. salam dasi kupu-kupu... (>o<)

    terima kasih atas review nya, udh bergabung dalam baneriser jakarta.. hehe

    BalasHapus
  5. iya ini band unik - salam ya utk mereka jka kenal sama mereka

    BalasHapus
  6. @Rino Mardani: waduh...jadi malu ^.^..gw dan temen2 pasti mendukung kiprah *aduh bahasa kapan ini* The Banery...ayo promo di acara TV jam primetime! haha, being famous is not a crime.

    @Joni Jaka: sst...mas Rino yg comment sebelum situ managernya lho..ihiw

    BalasHapus

Posting Komentar