[Album] Angela Aki - ANSWER



アンジェラ・アキ Angela Aki - ANSWER
(2009 - Epic Records Japan/Sony Music Japan)

Tracklist:
1.手纸 ~拝啓 十五の君へ~
Tegami~Haikei Jugo no Kimi e~
2. Knockin' On Heaven's Door

3. ANSWER

4. Somebody Stop Me

5. ダリア
Dahlia
6. Final Destination

7. Our Story

8. 黄昏
Tasogare
9. We're All Alone

10. リフレクション
Reflection
11. レクイエム
Requiem
12. Black Glasses

13. ファイター
Fighter


Angela Aki, penyanyi/pianis/pencipta lagu blasteran Jepang-Amerika berkacamata, baru muncul secara major tahun 2005 di Jepang, tapi impact nya cukup menggembirakan karena dengan merilis 3 album, termasuk ANSWER ini, tiga-tiganya sempat mengecap no.1 di Jepang dalam ranking mingguan untuk album terlaris (menurut Oricon). Musik, lirik dan vokal Angela memang senantiasa padu dan sebenernya mudah disukai, tapi mungkin lebih ke segmen Adult Contemporary (yah kan di Jepang segmen ini yg paling banyak populasinya bukan? Hahaha). Dengan basis piano dan aransemen akustik lengkap, musik pop yg agak ke arah tipikal singer/songwriter Amerika, dan lirik yg mengena (bagi yg ngerti, gw cuman ngerti dikit2) memang cenderung standout dari musik pop Jepang kebanyakan.

Nggak seperti 2 album sebelumnya, Home dan TODAY yang beberapa singlenya jadi tie-up film/anime/drama (sinetron)/iklan, ANSWER cuman punya 1 lagu andalan yg dirilis sebelumnya dalam bentuk single, yaitu “Tegami” yg jadi lagu resmi lomba paduan suara untuk SMP tingkat nasional Jepang taun 2008 (arti sub judulnya “Dear, 15-year-old you”). Lagu yg unik karena isinya tulisan surat seorang anak 15 tahun untuk dikirimkan kepada dirinya yg dewasa, lalu yg dewasa membalas surat itu (absurd? Nggak ah, keren konsepnya. Ini beneran pengalaman Angela loh). Sedangkan untuk versi internasionalnya, yg jadi andalan adalah lagu berbahasa Inggris “Black Glasses”, yg lagunya dibikin dan diaransemen bareng singer/songwriter/pianist berkacamata dari Amerika, dan juga idola Angela, Ben Folds. Lagu ini lucu sekali ^_^.

Lagu-lagu yg catchy seperti di album2 sebelumnya agak berkurang di sini, tapi gw akui, ciri khas Angela udah saklek dan tetep enak2 aja. Aransemennya masih terbilang berbobot, nggak semuanya slow. ANSWER juga kayaknya lebih idealis, keliatan di lagu 10 menit “Requiem” yg ekperimental tapi okeh, lalu ada juga versi Jepang dari hit Bob Dylan “Knockin’ On Heaven’s Door”. Angela juga coba2 ber-reaggae lewat lagu “Reflection”. Ini akan menarik bagi fans, tapi mungkin bagi bukan penggemar agak membosankan dan maksa…untungnya gw termasuk fans hohoho.

Dari album ini, gw paling suka lagu “Tegami”, “ANSWER” yang ceria, “Somebody Stop Me” yg rada emo liriknya ^^’, “Dahlia”, dan “Black Glasses”. Yg lain cukup aman saja memenuhi album ini. Gw masih lebih suka album pertama dan kedua, tapi yg ini juga nggak masalah. Lagian, ini album Angela Aki pertama yg gw beli CD hardcopynya, karena dirilis oleh Sony Music Indonesia seharga Rp 75rb. Sebelumnya? Yah..you know lah…^m^.


My score 7/10




Angela Aki


Previews, courtesy of YouTube


Tegami ~Haikei Juugo no Kimi e~
(Versi yg ada paduan suara, gak ada di album)



Black Glasses
(cuman nemu versi yg ada suara Ben Folds, yg versi album ANSWER cuman ada suara Angela ajah, tapi musik dan liriknya sama kok ^o^)


Komentar

  1. waahh :D serius ini dijual di indo yang non impor, mau..
    beli dimana yah?
    entah kenapa justru lebih suka album ini daripada TODAY
    Nice Review ^^

    BalasHapus
  2. Halo, Tyo
    Thanx udah mampir ^_^

    iya, gw belinya di Duta Suara (kelapa gading, tapi harusnya di cabang lain juga ada), selamat mencari...

    BalasHapus
  3. ada yang jual ya di Indonesia? semenjak liat vid klip Tegami dan Home, gw jatuh cinta ma Angela, rela deh beli yg asli, b*j*k*nnya juga susah cari tempat downloadnya :p

    BalasHapus
  4. @anonim, yup ada kok, dicari aja
    kalo donlot, lumayan banyak kok angela aki, tapi kalo mau yg aman cari donlotannya deket2/nggak lama setelah tanggal rilisnya

    BalasHapus
  5. Halo saya juga fan berat Angela Aki, kira2 2010 ini apa Angela Aki ngeluarin Album lagi yah?
    Trims
    Kelvin Djajalaksana

    BalasHapus
  6. @Kelvin: hai, maap baru direspon.
    rilis terbaru Angela Aki bisa diliat di sini http://www.sonymusic.co.jp/Music/Arch/ES/AngelaAki/index.html . Ada single baru nanti bulan april. Hope it helps ^_^ v

    BalasHapus
  7. mau nanya sekarang album angela aki yg blue dijualnya dimana ya? soalnya nyari kemana" ga dapet...makasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya taunya di ada toko-toko online luar negeri =)

      Hapus

Posting Komentar