[Movie] Pride & Prejudice (2005)


Pride & Prejudice 
(Universal Pictures/Studio Canal - 2005)

Directed by: Joe Wright
Screenplay by: Deborah Moggach
Based on the novel by: Jane Austen
Produced by: Tim Bevan, Eric Fellner, Paul Webster
Cast: Keira Knightley, Matthew Macfadyen, Rosamund Pike, Donald Sutherland, Brenda Blethyn, Judi Dench


Gw bukan penggemar romantic comedy, dalam arti gw nggak akan bela2in harus nonton setiap rom-com terbaru yang mampir di bioskop. Tapi jujur gw nggak nolak nonton kalo misalnya kebetulan ada rom-com diputer di TV, atau kalo masuk nominasi Oscar, boleh deh gw cicip dari VideoEzy. "Pride & Prejudice" versi 2005 bukan adaptasi pertama karya novelis Inggris abad 19, Jane Austen (juga yang bikin "Emma"), tapi yang ini ternyata hasilnya terbilang memuaskan, bahkan bisa dapet 4 nominasi Academy Awards termasuk untuk Keira Knightley, si pemeran utama. Setting boleh jadul, Inggris taun 1800-an, tapi yang istimewa adalah eksekusi modern dari sutradara Joe Wright yang sepertinya ingin filmnya ringkas, mendalam, serta terlihat indah di layar bioskop (atau TV).


Kisahnya bertumpu pada Elizabeth Bennet, anak kedua dari 5 bersaudari keluarga kelas menengah, dan pertemuannya dengan Mr.Darcy, seorang dari keluarga bangsawan yang sikap maupun tutur katanya sangat angkuh menurut Lizzie. Lizze yang outgoing dan pintar ngomong, setiap ketemu Mr.Darcy, adanya perang mulut terus (tapi dengan rangkaian kata2 yg santun, lucu dan nggak emosional...emangnya sinetron). Mereka bertemu dan berpisah berulang kali, banyak kejadian terjadi yg membuat Lizzie benci pada Mr.Darcy, sampe akhirnya Lizzie pun luluh karena hampir tak percaya apa saja yg diperbuat Mr.Darcy secara sembunyi2, sebagai bentuk cintanya pada Lizzie...hey, it's a romantic comedy, what do you expect?


Meski intinya romance, tapi film ini juga sukses mengangkut subplot2 dengan pas tanpa mengganggu plot utama dalam durasi 2 jam saja. Kedekatan keluarga Bennet juga porsinya cukup intens. Film ini diwarnai dialog2 yang cerdas dan lucu yang (katanya) mencerminkan gaya penulisan Jane Austen yang cenderung komikal. Setiap percakapan dan perilaku pun tampaknya diusahakan senatural mungkin, agar lebih believable a.k.a. realistis, nggak terlalu dongeng. Karakter2nya juga sangat gampang diingat dan dibawakan dengan baik tanpa beban oleh aktor2nya.


Selain pamer kostum, rumah2 mewah dan pemandangan indah, gw paling suka dengan tata kameranya. Sinematografinya sangat kreatif, terutama saat2 nge-shot muka pemain2nya zoom in dan zoom out dalam satu adegan, membawa efek dramatis yang unik dan berkelas, sama sekali nggak mboseni.


A fine romantic comedy.


my score:
7/10

NB: Gw sebenernya pernah nonton film ini sekitar 2 taun lalu lewat VCD sewaan. Tapi gara2 seorang temen gw nge-SMS nanyain soal film ini, gw jadi kepikiran dan keinget bahwa DVDnya lagi didiskon di Piramax Mangga 2 (dari 98rb jadi 35rb)...akhirnya gw beli dan nonton lagi. Ternyata bonus featuresnya OK juga. ^^

Komentar