[Album] EXILE - EXILE BALLAD BEST



EXILE - EXILE BALLAD BEST
(2008 - Rhythm Zone/Avex)

Tracklist:

1. Ti Amo

2. Lovers Again

3. Your eyes only〜曖昧なぼくの輪郭〜 (
Aimai na Boku no Rinkaku)
4. song for you

5. We Will〜あの場所で〜-Orchestra Version- (
Ano Basho de)
6. 運命のヒト-Orchestra Version- (
Unmei no Hito)
7. HOLY NIGHT -A Capella Version-

8. LAST CHRISTMAS

9. ただ…逢いたくて (
Tada...Aitakute)
10. 僕へ (
Boku e)
11. 変わらないモノ (
Kawaranai Mono)
12. 道 (
Michi)
13. One love-Piano Version-

14. Love Dream & Happiness (performed by EXILES)


Album ini masuk di My Top Albums 2008 (Japanese) gue (di facebook), tapi baru sekarang gue sempet nulis reviewnya. Album ini isinya lagu2 ballad nan-mellow dari dance-vocal group paling populer di Jepang saat ini, EXILE. Sekedar gambaran, meski mereka ada 7 personel, vokalisnya cuman dua, sisanya dancer (jadi backingvocal pun tidak). Apanya jadinya jika group dance kayak gini harus perform lagu mellow? Ya mau gimana lagi, demi tuntutan pasar, yg namanya artis pop kudu harus ada lagu mellownya dong.

Lagu2 di album "BEST" ini terdiri atas beberapa lagu ballad stok EXILE sejak debut mereka di tahun 2001 hingga yg terbaru. Cuman, mengingat EXILE udah rombak personel, kecuali lagu yg baru (Ti Amo dan LAST CHRISTMAS), semua lagu di album ini udah di re-recorded sesuai dengan personel EXILE sekarang, jadi versinya beda dengan yg pernah ada di album2 mereka sebelumnya.

Lagu2 hit yg perlu gue highlight adalah chorus2 maut di "Ti Amo" yg R&B berat, "Lovers Again" yg agak meng-Ne-Yo (but this is my favourite EXILE song ever), "Your Eyes Only", "HOLY NIGHT", "Tada...Aitakute", "Michi", dan "One Love".... Lagu-lagu lainnya cukup safe untuk dinikmati, apalagi lagu ballad memang diciptakan untuk mudah diterima banyak orang.

Tapi mungkin agak bahaya kalau denger satu album sambil tiduran, nanti pas lagu ke-5 udah zzzzzz....saking satu album isinya slow dan slow-medium beat. Ada satu lagu yg gue kurang suka, yaitu versi Jepang dari LAST CHRISTMAS-nya Wham!, EXILE nggak menawarkan sesuatu yg baru kecuali liriknya berbahasa Jepang, kurang fresh.

2 vokalis EXILE (namanya Atsushi dan Takahiro) punya suara yg terbilang bagus untuk ukuran orang Jepang, bahkan mungkin lebih bagus daripada duo Chemistry. Pas-lah sama lagu2nya, meskipun mereka bernyanyi dengan cara ganti2an tanpa harmoni, but that's okay. Personel yg lain mah nggak usah dipikirin...khan gak nyanyi...mungkin mereka ikut joged2 waktu rekaman, who knows...

Album yg udah jadi yg terlaris dari rilisan EXILE selama berkarir ini (sekitar 2 jutaan kopi dalam 3 bulan) memang mudah nyelusup masuk ke kuping, tapi mungkin mudah juga nyelusup keluar bagi yang mungkin kurang kuat dengan suasana yang seragam sepanjang album. Tapi lumayan enak didenger waktu nyetir panas2, atau waktu suasana hati lagi gimanaaaa gitu.


my score: 6,5/10

EXILE (2008)

preview, courtesy of YouTube

EXILE - Ti Amo


EXILE - Lovers Again


EXILE - Tada..Aitakute


EXILE - Michi




Komentar